Implementasi Nilai Pancasila Melalui Ekstrakurikuler Paskibra Guna Pembentukan Jiwa Nasionalisme Dalam Mewujudkan Ketahanan Lingkungan Sekolah

Authors

  • Shidiq Umar Widodo Universitas Mulawaman Samarinda
  • Wingkolatin Wingkolatin Universitas Mulawaman Samarinda
  • Novita Majid Universitas Mulawaman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3604

Keywords:

Nilai Pancasila, Ekstrakurikuler, Nasionalisme, Ketahanan lingkungan sekolah

Abstract

Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakulikuler paskibra di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang, kemudian Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam kegiatan ekstrakulikuler paskibra guna pembenutukan jiwa nasionalisme di sekolah, serta Upaya apa saja yang dilakukan dalam implementasi nilai Pancasila untuk mewujudkan ketahanan lingkungan sekolah. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang pada bulan November 2023-Februari 2024. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PPKn, pembina ekstrakurikule paskibra, ketua ekstrakurikule paskibra, dan anggota ekstrakurikuler paskibra kelas X,XI,XII dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penilitian menunjukkan bahwa  Implementasi nilai-nilai pancasila dalam membentuk jiwa nasionalisme guna mewujudkan ketahanan lingkungan sekolah melalui ekstrakurikuler paskibra di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang  dilaksanakan dengan shalat berjamaah, tidak membedakan sesama, bersikap gotong royong, melakukan musyawarah, menerima pembelajaran secara merata dan terlaksana dengan baik melalui beberapa kegiatan baik didalam kelas maupun diluar kelas khususnya ekstrakurikuler paskibra dalam membentuk jiwa nasionalisme siswa.

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Shidiq Umar Widodo, Wingkolatin, W., & Novita Majid. (2024). Implementasi Nilai Pancasila Melalui Ekstrakurikuler Paskibra Guna Pembentukan Jiwa Nasionalisme Dalam Mewujudkan Ketahanan Lingkungan Sekolah. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 79–93. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3604

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.