PENERAPAN TEKNIK RESPON TERINCI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN

Authors

  • Tri Pertiwi Universitas Gunung Leuser

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3.341

Keywords:

Teknik Respon Terinci, Menulis Wacana, Argumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kemampuan menulis wacana argumentasi dengan teknik respon terinci  serta untuk mengetahui apakah teknik respon terinci efektif  dalam meningkatkan kemampuan menulis wacana  argumentasi oleh siswa kelasa X SMA Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2012-2013. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 80 siswa, sampel penelitian yaitu kelas X-1 yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster atau cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk menyaring data adalah tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan uji “t” sebagai berikut: Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre tes = 66,37  Standar deviasi = 7,75, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 = 40%. Nilai rata-rata pos tes = 79,75, standar deviasi = 8,44, dan penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 = 62,5%. Berdasarkan uji normalitas diperoleh hasil pre tes dan pos tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogen dilakukan, maka diketahui  to sebesar. selanjutnya to  tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5%  dengan df= N-1, yakni 40-1= 39. Dari df= 39 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,021. dengan demikian  thitung > t tabel , yakni 8,312>2,021, maka hipotesis nilai (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan  analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik respons terinci berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2012-2013

References

Alfianto, Achmad. 2013. searchengines.com/0106achmad.html(05/02/2013,10:15)

Alipandie, Imansyah. 2004. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Alwi, Hasan dkk.2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Filsaime, Denis K. 2007. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Finoza, Lamuddin. 2004. KomposisiBahasaIndonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Jogiyanto, H.M. 2008. Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Keraf, Gorys. 2005. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia.

Kosasih, E. 2011.Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung : Yrama Widya.

Mulyasa, E. 2006.Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pengajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudaryat, Yayat. 2011. Makna dalam Wacana. Bandung : Yrama Widya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, H,D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Yunus, M. 2007. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta : Midakarya Agung.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Pertiwi, T. (2021). PENERAPAN TEKNIK RESPON TERINCI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 40–51. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3.341

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.