PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA ALFAMIDI KOTA PALOPO

Authors

  • Ayu Septiani Universitas Andi Djemma Palopo
  • Jein Jein Universitas Andi Djemma Palopo
  • Reni Ariani Universitas Andi Djemma Palopo
  • Widya Kristiani Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2882

Keywords:

budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja karyawan

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan pokok permasalahan yang berkenaan dengan kinerja karyawan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada alfamidi kota Palopo. Penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang diterapkan dengan menggunakan rumus statistik untuk membantu dalam menganalisa data dan fakta yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan pada alfamidi kota  Palopo sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu karyawan pada alfamidi kota Palopo sebanyak 30 orang yang diambil menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada alfamidi pada kota Palopo, dimana nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Budaya organisasi dan motivasi kerja memberikan kontribusi terhadap kinerja responden, sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam meningkatkan kinerja karyawan.

References

Budaya Organisasi, Kepuasan Variabel Interving Pada PT. PLN APJ Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta:

Andi. Porwani, S. 2010. “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan ”Jurnal Ilmiah.Vol. 11, No. 2, 2010.

Prastiwi, Riska. 2012. “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Makasar”.

Skripsi.Makasar: Universitas Hasanuddin. Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusi untuk Perusahaan.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performence Appraisal: Sistem Bangun,

Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Erlangga.

Hakim, Lukman. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Kajian Teori, Analisis, dan Syariah. Sukoharjo: CV. Jasmine.

Heriyanti, Dewita. 2007. “Analisis Pengaruh yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Henny, H., & Iwan Koerniawan. (2018). Persepsi Karyawan Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Di Rumah Sakit Permata Grup) . Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 39-44.

Iwan Koerniawan, & Eka Satria Wibawa. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Lingkungan Kerja Non Fisik Sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 12(1), 34-46.

Robbins, P. Stephen. 2002. Perilaku Organisasi. Jakarta:Erlangga.

Robbins, P. Stephen dan Timoty A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sinaga, N. Prima. 2009. “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Sumatera”. Skripsi. Medan:

USU. Soedjono.2005. “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan

Kepuasan Kerja karyaan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya”.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Vol.7, No. 1, Maret 2005. Hal. 1-8.2012.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Septiani, A. ., Jein, J., Ariani, R. ., & Kristiani, W. . (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA ALFAMIDI KOTA PALOPO. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 01–11. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2882

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.