PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA PALOPO

Authors

  • Ahdad Ahdad Universitas Andi Djemma Palopo
  • Ines Sattu Universitas Andi Djemma Palopo
  • Budiar Patabang Universitas Andi Djemma Palopo
  • Wulandari Wulandari Universitas Andi Djemma Palopo
  • Raba Nathaniel Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2343

Keywords:

Budaya Organisasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder dengan metode analisis regresi linear sederhana, uji validitas, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Budaya Organisasi (X) berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai  (Y) pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palopo. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi yang menunjukkan variabel Budaya Organisasi memiliki nilai t-hitung (7.484.) > t-tabel (1.701) dengan sig. 0.000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,655 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Budaya Organisasi) terhadap variabel terikat (Kinerja Pegawai) adalah sebesar 65,5% sedangkan sisanya 34,5% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. Manfaat tenuan penelitian ini adalah sebagai saran dan masukan untuk Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palopo.

References

DAFTAR REFERENSI

Alindra, I. (2015). Analisi Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Depok Sports Center. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, S. P. (2012). Pengaruh Pengendalian Internal dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan SPBU Yogyakarta (Studi Khusus pada SPBU Anak Cabang Perusahaan RB. Group). Jurnal Nominal, Vol. 1, No. 1.

Edison, E., Anwar, Y., dan Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Ernawati. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Njonjan Meneer Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Iwan Koerniawan, & Eka Satria Wibawa. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Lingkungan Kerja Non Fisik Sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 12(1), 34-46.

Kharisma, G. B. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Serba Usaha Setya Usaha di Kabuotaen Jepara. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Koesmono T. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Sapa Sector Industri Pengelolaan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan, VOL. 7, No. 2, pp 171-188.

Koerniawan, I., & Mustofa, M. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Profile Matching Studi Kasus Di Mts Negeri Brangsong. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 29-34.

Mahesa D. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Modern Ating (Studi pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Jaya. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octaviana N. (2011). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan (Pada PT. Mirota Kampus Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional "VETERAN" Yogyakarta.

Oktaviani, H. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi Sumber Rejeki Rembang Jawa Tengah. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Pratiwi R. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Pratiwi R. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sales Marketing PT. Inti Baru Mas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung Bandar Lampung.

Rivai V dan Mulyadi D. (2010). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rizal MHA. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Semarang: Universitas AS Diponegoro Semarang.

Robbins, S. P dan Coulter M. (2007). Manajemen. Indonesia: PT. Indeks.

Sehfuddin A. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Soedjono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, VOL. 7, No. 1, pp 22-47.

Stevani Semet, Marjam Mangantar, Silcy Moniharapon. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, Vol. 10, No.2, pp 858-866.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suhendi dan Sasangka, I. (2011). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Widodo T. (2010). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Terhadap Kinerja (Studi Pada Pegawai Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol. 3, No. 5: pp 36-52.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ahdad, A., Sattu, I. ., Patabang, B. ., Wulandari, W., & Nathaniel, R. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA PALOPO. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 12–22. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2343

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.