PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KESEHATAN KOTA PALOPO

Authors

  • Alfianti Alfianti Universitas Andi Djemma
  • Gebrilla Iterson Universitas Andi Djemma
  • Arlesius Mardito Universitas Andi Djemma
  • Ni Putu Ani Swandewi Universitas Andi Djemma
  • Erwina Erwina Universitas Andi Djemma
  • Amri Amri Universitas Andi Djemma

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2251

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan pokok permasalahan yang berkenaan dengan kinerja karyawan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas kesehatan kota palopo. Penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang diterapkan dengan menggunakan rumus statistik untuk membantu dalam menganalisa data dan fakta yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai pada Dinas Kesehatan Kota Palopo sebanyak 150 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu pegawai yang berstatus PNS pada Dinas Kesehatan Kota Palopo sebanyak 30 orang yang diambil menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Disiplin Kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kota Palopo. Disiplin kerja memberikan kontribusi terhadap kinerja responden, sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam meningkatkan kinerja pegawai.

References

Aldrianto. Muhammad. 2016, Pengaruh Disiplin Kerja dan Loyalitas Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Kospermindo di Makasaar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Ananto, Reza, 2014. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (studi empiris pada PT.DHL Global Forwarding Semarang Branch). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Fajri, Radhiya. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (studi kasus pada Pegawai Rumah Sakit Anna Kota Bekasi). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan.

Kasmir.2016. Faktor yang Mempengaruhi dan Dipengaruhi Kinerja Pegawai. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mustika Utami, Firziyanah. 2014. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin kerja Terhadap Kinerja Pegawai (studi kasus pada PT Gapura Omega Alpha Land, Depok). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Raharjo. 2014. Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan serta Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Consumer Loan Sales Center Karwil X. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Rofi 2012. Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Departemen produksi PT.Leo Agung Raya Semarang. Jurnal ilmu Manajemen dan Akuntansi.

Setiawan. 2013 Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal ilmu Manajemen. Universitas Negeri Surabaya.

Sidanti. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Disekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal Jibeka. STIE Dharma Iswara: Madiun.

Sinambela, 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R & D, CV. Alfabeta Bandung

Susanto,Y. 2017. Kinerja Pegawai. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Alfianti, A., Iterson, G. ., Mardito, A. ., Swandewi, N. P. A. ., Erwina, E., & Amri, A. (2023). PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KESEHATAN KOTA PALOPO. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 109–117. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2251