Manajemen pengelolaan dan Pengembangan Produk Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan

Authors

  • Emmelia Nadira Satiti Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i1.261

Keywords:

Strategi Pengembangan Produk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pengembangan potensi wisata umbul Kapilaler si gedang kabupaten Klaten, dengan tujuan mengetahui strategi pengembangan pariwisata umbul Kapilaler si gedang kabupaten Klaten, selain itu memahami kendala-kendala dalam pengembangan objek wisata umbul Kapilaler si gedang kabupaten. Klaten. Jenis penelitian yang ini penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, angket dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Pengolahan data menggunakan tiga alur kegiatan utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan analisis SWOT. Diketahui hasil penelitian ini bahwa strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah kunjungan adalah pengembangan produk wisata umbul Kapilaler si gedang kabupaten Klaten dengan memperbanyak sarana prasarana, pembangunan beberapa objek daya tarik baru, menambah sumber daya atau kualitas tenaga kerja, meningkatkan promosi wisata, mengembangkan kerjasama kepada pemerintah daerah, mengoptimalkan potensi dan ciri khas menghadapi persaingan antar objek wisata, membangun informasi pariwisata. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata umbul kapilaler si gedang kabupaten klaten.. Kendala dalam proses pembangunannya adalah cuaca yang tidak menentu, regulasi pemerintah yang lemah, persaingan lokal antar obyek wisata terdekat, Faktor geografis, keterbatasan sarana dan prasarana, belum adanya akomodasi khusus terhadap suatu obyek wisata, kurangnya arahan menuju obyek wisata, keterbatasan sumber daya manusia di bidang pariwisata, rendahnya kesadaran wisatawan akan lingkungan.

References

Arikunto, Suharsimi.(2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta, Asdi Mahasatya

Sammeng, Andi Mappi.(2001).Cakrawala Pariwisata. Jakarta : Balai Pustaka.

Sudana.(2013).Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. 13, 11-31: Bali, Universitas Udayana.

Sugiyono.(2005).Memahami Penelitian Kualitatif: Bandung, Alfabeta.

Sunaryo, B.(2013). Kebijakan Pengembangan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia: Yogyakarta, Gava Media.

Suwantoro, Gamal.(2004). Dasar-Dasar Pariwisata: Yogyakarta, Andi.

Suwartono.(2014).Dasar-dasar Metodologi Penelitian: Yogyakarta, Andi.

Suwena dan widyatmaja.(2010).Pengantar Dasar Ilmu Pariwisata: Denpasar – Bali, Udayana University Press

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Emmelia Nadira Satiti. (2021). Manajemen pengelolaan dan Pengembangan Produk Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i1.261

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.