STRATEGI PROMOSI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION

Authors

  • Nurul Tasya Universitas Andi Djemma Palopo
  • Mersi Massese Universitas Andi Djemma Palopo
  • Fiselia Olivia Riwi Universitas Andi Djemma Palopo
  • Irsan Irsan Universitas Andi Djemma Palopo
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2545

Keywords:

Strategi Promosi, Keputusan Pembelian, Media Sosial, Penggunaan Internet, Bisnis Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk fashion. Penggunaan Instagram sebagai media promosi telah meningkatkan jangkauan dan interaksi antara penjual dan konsumen. Oleh karena itu, strategi promosi yang efektif diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari konsumen dua toko online fashion, yaitu Toko Hijacu dan Toko Usnashop, di Kota Palopo. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi promosi melalui media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion. Selain itu, analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa setiap peningkatan pengetahuan konsumen tentang produk dapat meningkatkan tingkat keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mengenai strategi promosi melalui media sosial Instagram dalam konteks pembelian produk fashion. Manfaat temuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan strategi promosi guna meningkatkan tingkat keputusan pembelian konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk fashion. Penggunaan Instagram sebagai media promosi telah meningkatkan jangkauan dan interaksi antara penjual dan konsumen. Oleh karena itu, strategi promosi yang efektif diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari konsumen dua toko online fashion, yaitu Toko Hijacu dan Toko Usnashop, di Kota Palopo. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi promosi melalui media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion. Selain itu, analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa setiap peningkatan pengetahuan konsumen tentang produk dapat meningkatkan tingkat keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mengenai strategi promosi melalui media sosial Instagram dalam konteks pembelian produk fashion. Manfaat temuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan strategi promosi guna meningkatkan tingkat keputusan pembelian konsumen.

References

Aiba, Irfan Yanuar. 2018. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Paris Van Java Bandung.” http://repository.unpas.ac.id/40164/6/BAB 2 FIX.pdf.

Andi Setiawan. 2017. “Peran Mediasi Kepetusan Pembelian Pada Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Awakkal, Andi Baso. (2019). pengaruh strategi promosi penjualan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen cv. akihiro. Skripsi.

Basri, A. (2018). rancangan bangunan sistem informasi disposisi surat masuk dinas pendidikan

kota semarang. Edu Komputika Journal, 5(1), 33–43.

Christian, Ribka P, and Lisbeth Mananeke. 2016. “Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Di Rsud Sam Ratulangi Tondano.” Jurnal EMBA 121 (2): 121–32.

Ningsih, Dwi Nuvia, and Candra Wahyu Hidayat. 2017. “Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli.” Journal Riset Mahasiswa Manajemen 6 (1): 1–6.

Koerniawan, I., Samiha, Y. T., Fatimah, C. E. A., Terminanto, A. A., & Irviani, R. (2020). Understanding Micro Small Medium Enterprise in Indonesia. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(02), 1191-1203.

Rohmat, Bangkit. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Indosat Ooredoo Di Kota Magelang).”

http://eprintslib.ummgl.ac.id/1029/1/15.0101.0202_BABI_BABII_BABIII_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Sakinah, Siti. 2019. PENGARUH PRODUK, HARGA, TEMPAT, DAN PROMOSI, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Empiris Pada Konsumen Seblak Sinija Kabupaten Magelang). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen).

Solihin, Dede. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel

Intervening” 4 (1): 26–37.

Sugito, drajat wahyu. 2019. “Analisis Pengaruh Harga, Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sakola Secara Daring Di Daerah Istimewa Yogyakarta.”

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Syahbuddin, Ahmad S. 2018. “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor (Studi Pada Masyarakat Petani Kopi Di Desa Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat).”

Tawakkal, andi baso. (2019). pengaruh strategi promosi penjualan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen cv. akihiro. Skripsi.

Wulandari, Dewi. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Anggota Koperasi BMT AlHasanah Mandiri Sejahtera.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Tasya, N. ., Massese, M., Riwi, F. O. ., Irsan, I., & Nasruddin, N. (2023). STRATEGI PROMOSI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 328–340. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2545

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.