PENGARUH VARIASI PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC

THE EFFECT OF PRODUCT VARIATIONS AND PROMOTIONAL STRATEGIES THROUGH INSTAGRAM ON PURCHASE DECISIONS ON SOMETHINC PRODUCTS

Authors

  • Anneke Dwi Saputri Manajemen, Matana University
  • Estika P Sani Manajemen, Matana University

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.146

Keywords:

Variasi Produk, Strategi Promosi, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi produk (X1) dan strategi promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer sebagai acuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang aktif menggunakan sosial media khususnya platform Instagram dan pernah melakukan pembelian produk Somethinc minimal satu kali pembelian dan sampelnya adalah sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan secara keseluruhan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis setelah uji asumsi terpenuhi. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Variasi Produk (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). (2) Strategi Promosi Melalui Instagram (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). (3) Variasi Produk (X1) dan Strategi Promosi Melalui Instagram (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

References

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International Journal of Management, 8(10), 321–339.

Daulay, N. (2020). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee (studi pada masyarakat kecamatan medan labuhan). Skripsi Universitas Sumatra Utara, 28–30.

Desai, D. M. V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Is(Special Issue-FIIIIPM2019), 196–200. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100

Dewi, R. P. (2022). PENGARUH VARIASI PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING. 2(2), 17–39.

Dr. M. Anang Firmansyah, SE, M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Efendi, W. D. (2018). Pengaruh Variasi Produk, Kemasan dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Campina di Mini Market Wilayah Kota Kediri. Jurnal SIMKI - Ekonomic Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(2), 1–12.

Fadilah, N. (2019). PENGARUH VARIASI PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE SNACK MIBITING OISHI. 8(5), 55.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042

Farida, N., & Saidah, S. (2017). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sambal Indofood Di Supermarket Sarikat Jaya Gresik. Gema Ekonomi: Jurnal Fakultas Ekonomi, 6(2), 156–168.

Faroh, W. N., & Junaidi, D. (2019). PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI PORTAL NETWORK SIX STORE Cabang DEPOK 2018. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 111. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2833

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 1.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. 3(2).

Kusnadi, E., & Tulhusnah, L. (2020). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO RANI LOUHAN DI PAYANGAN BALI. 18(2), 163–178. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/33580

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Miladiah, A. F., & Riyanto, S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran Sayuran Oleh Sayurkita.Mlg Saat Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Indonesia Sains, 1(September), 132–141. http://jiss.publikasiindonesia.id/

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056

Pelawi. (2018). ( Studi Pada UD . Pelawi Lau Baleng ).

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Puji Hartanti, L. E. (2018). Komunikasi Orang Muda Di Sosial Media Sebagai Influencer. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 152. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.599

Rahim, H. A. R. and E. R. (2017). Dimensi Manajemen Strategi. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5705-Full_Text.pdf

Rahim, R. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Ladaya Kutai Kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), 272. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i4.3563

Rahmawan, G., & Setyorini, D. (2021). Pengaruh Produk, Influencer dan Strategi Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Herborist. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 78. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i1.12110

Ramadhany, & Pritasari. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan Sls. Jurnal Tata Rias, 09(2), 51–59. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/33580

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikraith Ekonomika, 1(2), 25–30. https://media.neliti.com/media/publications/267974-peran-media-sosial-dalam-mendukung-pemas-118e37b9.pdf

Sari, D. C., Wardhana, A., Arfah, Sulaiman, M. D. E., Rahmawan, G., Hastutik, M. R. S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran (Hartini (ed.)). MEDIA SAINS INDONESIA.

Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 153–168. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4747

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28

Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.

Widjaja, Y. R., & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. 117. http://repository.ubharajaya.ac.id/2949/1/BUKU KREATIFITAS DAN INOVASI %282%29.pdf

Wirapraja, A., Sudarso, A., Purba, B., & Fajrillah. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Yuliawan, E., Siagian, H., Willis, L., Manajemen, P. S., & Mikroskil, S. (2018). DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP ZALORA INDONESIA ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan ). 12(2), 34–49.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Anneke Dwi Saputri, & Estika P Sani. (2022). PENGARUH VARIASI PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC: THE EFFECT OF PRODUCT VARIATIONS AND PROMOTIONAL STRATEGIES THROUGH INSTAGRAM ON PURCHASE DECISIONS ON SOMETHINC PRODUCTS. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 7–28. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.146

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.