PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG MAKAN FRESH DI KOTA PALOPO

Authors

  • Vivi Wahyuni Universitas Andi Djemma Palopo
  • Asdita M. Rais Universitas Andi Djemma Palopo
  • Elda Sintia Universitas Andi Djemma Palopo
  • Haslinda Haslinda Universitas Andi Djemma Palopo
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2402

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persajngan, strategi pemasaran menjadi aspek yang penting. Salah sayu elemen kunci dalam strategi pemasaran adalah penetapan harga. Dalam bisnis warung makan, peran harga penting dalam membentuk pandangan konsumen terhadap produk, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Warung Makan Fresh Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder dengan metode analisis uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik dengan analisis regresi linear sederhana yang dibantu aplikasi SPSS. Hasil yang diperoleh adalah harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warung Makan Fresh Kota Palopo. Besarnya pengaruh yang disebabkan oleh harga adalah 0,867 atau 86,7% yang berarti bahwa variabel harga mampu memengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 86,7%. Sedangkan sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pemasaran bagi Warung Makan Fresh Kota Palopo.Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persajngan, strategi pemasaran menjadi aspek yang penting. Salah sayu elemen kunci dalam strategi pemasaran adalah penetapan harga. Dalam bisnis warung makan, peran harga penting dalam membentuk pandangan konsumen terhadap produk, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Warung Makan Fresh Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder dengan metode analisis uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik dengan analisis regresi linear sederhana yang dibantu aplikasi SPSS. Hasil yang diperoleh adalah harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Warung Makan Fresh Kota Palopo. Besarnya pengaruh yang disebabkan oleh harga adalah 0,867 atau 86,7% yang berarti bahwa variabel harga mampu memengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 86,7%. Sedangkan sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pemasaran bagi Warung Makan Fresh Kota Palopo.

References

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Qiara Media.

Ikhsan Faozi dan SB Handayani. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan Pada PT Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi , No. 47.

Imam Kambali & Ani Syarifah. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billionaire Store Bandung. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Volume 10, Nomor 1.

Imron Hidayat. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Hero Kesugihan Cilacap). Cilacap: Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

M. Amri Nasution. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi, 59.

M. Soleh Mauludin, Adnan Dewa Saputra, Anggi Zulfika Sari, Itatul Munawaroh, Erica Pramesti Regita. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di E-Commerce. Preceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, Volume 1, Nomor 1.

Reni Ernawati, Anastasia Bernadin Dwi, Jenji Gunaedi Argo. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysisi Journal (BMAJ), Vol 4, No 2.

Rika Maliana. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Tresnah Bangkalan. Bangkalan: Sekolah Tinggi Agama Isalam Darul Hikmah.

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Wahyuni, V., Rais, A. M. ., Sintia, E. ., Haslinda, H., & Nurjannah, N. (2023). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG MAKAN FRESH DI KOTA PALOPO. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 23–34. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2402

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.