STRATEGI PENJUALAN KAMAR RESERVATION SECTION TERHADAP PENINGKATAN ROOM OCCUPANCY SALAH SATU HOTEL BINTANG LIMA DI KOTA SOLO

RESERVATION SECTION ROOM SALES STRATEGY TO INCREASE ROOM OCCUPANCY ONE OF THE FIVE STAR HOTELS IN SOLO CITY

Authors

  • Emmelia Nadira Satiti STP Sahid Surakarta
  • Kris Cahyani Ermawati STP Sahid Surakarta
  • Nailafatul Ayu Dindri STP Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.234

Keywords:

Strategi Penjualan Kamar, Room Occupancy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan kamar di Hotel Alila Solo, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi penjualan kamar reservation section terhadap peningkatan room occupancy di Hotel Alila Solo. Penelitian dilakukan di Hotel Alila Solo dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan studi pustaka. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik analisis data dengan menggunakan triangulasi data. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa strategi penjualan kamar berdasarkan market segment, promo room package, dan metode reservasi berpengaruh terhadap peningkatan room occupancy hotel.

 

References

Agus Sambodo, B. (2006). Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Andi Offcet.

Bagyono. (2012). Pariwisata dan Perhotelan. Alfabeta.

Bataafi, W. A. (2005). Housekeeping Departement, Floor, and Public Area. Bandung: Alfabeta.

Budi, A. P. (2013). Manajemen Marketing Hotel . Yogyakarta: Andi Offset.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

Djaslim, S. (2004). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Djaslim, S. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Drs. Danang Sunyoto, S. S. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

I Ketut Suwena, I. G. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

John A Pearce II, R. B. (2013). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

Kanuk, L. S. (2008). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.

Landman, P. (2009). Revenue Management Book. Netherlands: Xotels Ltd.

Dr. Adi Soenarno, MBA. (2006) Management, F. O. Andi Offcet.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Noor, A. (2007). Globalisasi Industri MICE. Jakarta: Alfabeta.

Philip Kotler, G. A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Prianthara, I. B. (2008). Deskripsi Sistem Akuntansi Perusahaan Jasa Konstruksi. Graha Ilmu.

Purnomo. (2018). Proses dan Dokumentasi Keperawatan Konsep dan Praktik . Salemba Medika.

Purwanto, I. (2007). Manajemen Strategi . Bandung : Yrama Widya.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2013). ANALISIS SWOT TEKNIK MEMBEDAH KASUS BISNIS . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiama, D. A. (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulastiyono, A. (2008). Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung: Alfabeta.

Sulastyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa . Yogyakarta : Andi Offset.

Ulring, S. J. (2010). AUTOMATED RESERVATION AGENT. MINNEAPOLIS: STONE ARCH BRIDGE GROUP.

Wheelen, J. D. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wiyasha, I. (2010). AKUNTANSI PERHOTELAN PENARAPAN UNIFORM SYSTEM OF ACCOUNTS FOR THE LODGING INDUSTRY. Andi.

Sumber Jurnal Internasional

Bardi, J. A. (2003). Hotel Front Office Management. Journal of The Pennsylvania State University.

Bardi, J. A. (2003). Perceived Organization Change In The Hotel Industry. Journal of The Pennsylvania State University.

Ho-dong, U. (2003). Hotel Management System Using Digital Set Top Box and Method Using Thereof.

Ipeirotis, G. a. (2011). UNDERSTANDING THE IMPACT OF ONLINE REVIEWS ON HOTEL. Journal of Travel Research.

Miyashita, T. K. (2010). RESERVATION PROCESSING METHOD AND RESERVATION PROCESSING SYSTEM. Journal National Institute of Advanced Industrial Science and Technology Ibaraki Japan.

Stott, R. R. (n.d.). English for the Hotel and Catering Industry. Journal of Oxfford University , New Edition.

Sumber Jurnal Nasional/Skripsi

Adji, M. (2015). STRATEGI MENGELOLA KETIDAKSEIMBANGAN SUPPLY AND DEMAND PADA INDUSTRI PERHOTELAN DI KOTA SOLO. Jurnal Manajemen dan Bisnis , 34-44.

Elsa, F. (2018). Pengaruh Pemberian Voucher and Gift Terhadap Minat Konsumen Untuk Memberi Product Food and Beverage di Alila Solo.

Ermawati, K. C. (2017). PERANAN RESEPSIONIS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA. Jurnal Pariwisata Indonesia.

Novianti, R. T. (2007). Tinjauan Atas System Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Pada CV Arrasy Stylishindo Aesthetic.

Ronald, H. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. ALIF PERSADA NUSANTARA Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Garden Hills Estate. eJournal Ilmu Komunikasi, 238.

Satiti, E. N. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN PANTAI NGLAMBOR GUNUNG KIDUL. Jurnal Pariwisata Indonesia.

Suci Sandi Wachyuni, K. W. (n.d.). Jurnal of Tourism and Economic. Pengaruh Online Distribution Channel (ODS) Terhadap Hotel Revenue.

Syakir Abdullah H, A. A. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Grand Clarion Hotel and Convention Makassar. JURNAL KEPARIWISATAAN DAN HOSPITALITAS Universitas Udayana, Vol. 3,No. 2.

Sumber Internet

Dr. Ir. Arief Yahya, M. (2012, Mei 22). Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Sambutan menparekraf pada peluncuran situs Accor Hotel berbahasa Indonesia. Jakarta.

Firdaus, W. (n.d.). Definisi Strategi. Retrieved from Definisi Strategi: https://www.scribd.com/document/377280370/Definisi-Strategi

Lindanoer. (2014, Januari). Berbagi Pengetahuan. Retrieved from Strategi Promosi Penjualan: https://lindanoer.wordpress.com/2014/01/08/strategi-promosi-penjualan/

Riadi, M. (2016, November 3). Pengertian, Tujuan dan Bauran Promosi. Retrieved from Pengertian Promosi : https://www.kajianpustaka.com/2016 /11/ pengertian-tujuan-dan-bauran-promosi.html

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Emmelia Nadira Satiti, Kris Cahyani Ermawati, & Nailafatul Ayu Dindri. (2021). STRATEGI PENJUALAN KAMAR RESERVATION SECTION TERHADAP PENINGKATAN ROOM OCCUPANCY SALAH SATU HOTEL BINTANG LIMA DI KOTA SOLO: RESERVATION SECTION ROOM SALES STRATEGY TO INCREASE ROOM OCCUPANCY ONE OF THE FIVE STAR HOTELS IN SOLO CITY. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 61–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.234

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.