PENGARUH LOYALITAS DAN KREATIVITAS KARYAWAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN PALU BARAT

Authors

  • Muhammad Akbar Faishal Universitas Media Nusantara Citra
  • Budi Santosa Kramadibrata Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.752

Keywords:

Loyalitas Karyawan, Kreativitas Karyawan, Pendapatan UMKM

Abstract

Meningkatnya pendapatan pada usaha mikro kecil menengah menjadi hal yang penting bagi dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas dan kreativitas karyawan terhadap pendapatan UMKM. Desain / Metodologi / Pendekatan: Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah 75 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang berisi 15 pernyataan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis korelasi, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan nilai R-Square sebesar 0,298. Keterbatasan penelitian / implikasi: keterbatasan dalam pengambilan sampel penelitian ini hanya responden usaha mikro kecil menengah hanya terbatas di Palu Barat. Masih ada variabel lain yang mempengaruhi kinerja pemasaran yang tidak di bahas dipenelitian ini.

References

Abdul Wahab Solichin. 1990. Pengantar Analisis Kebijaksanaan Negara, Jakarta: Rineka Cipta.

Ali Hasan. 2010. Marketing Bank Syariah, Jakarta : Ghalia Indonesia, Hal .29

Ali Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ayu Purnama. 2013. Peranan Gaya Kepemimpinan dan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Loyalitas Karyawan Di Perusahaan Keluarga PT. Sus Surabaya. Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2, No. 2. Hal 1-22.

Badudu, J.S & Zain Sultan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Bank Indonesia dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia.

Boediono. 2002. Pengantar Ekonomi, Jakarta: Erlangga, Hal. 150

Conny R. Semiawan. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta : PT. Indeks.

David. 2004. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta : Selemba Empat, Hal. 14.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

George, J. M. & Zhou, J. 2001. When Openness to Experience and Conscientiousness are Related to Creative Behavior: An Interactional Approach. Journal of Applied Psychology, Vol. 86, Hal. 513-524

Haris Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Hery dan Widyawati Lekok. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara, Hal. 24

Hasibuan, M. S. . 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Askara.

Hasibuan, M. S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. . 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.

Karimah, E.K. 2012. Pengaruh Stres dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Tiga direktorat Operasional PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO). Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Hal.46

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM)

Martiwi, R. T., Triyono, & Mardalis, A. 2012. Faktor-faktor Penentu yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Karyawan. Daya Saing, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Hal 44-52.

Medriyansah. 2017. Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm ) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, jurnal ekonomi.

Moghimi, S. and Subramaniam, I.D. 2013. Employees’ Creative Behavior: The Role of Organizational Climate in Malaysian SMEs, International Journal of Business and Management, Vol. 8, No.5, Hal. 1-13.

Moh. Nazir. Metode Penelitian. Jakarta : Galia Indonesia.

Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Plucker, J. A., & Renzulli, J. S. 1999. Psychometric approaches to the study of human creativity. Cambridge: Cambridge University Press. In R. J. Sternberg (Ed.), Handbook of creativity, Hal 49-100.

Ruyatnasih, dkk. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Operator SPBU PT. Mitrabuana Jayalestari Kerawang, Jurnal Manajemen.

Sadono Sukirno. 2006. Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: Rajagrafindo Persada, Hal. 47

Saidi et al, 2017

Saydam, Gouzali. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management) Suatu Pendekatan mikro. Cetakan Kedua. Jakarta: Djambatan.

Soekartawi. 2012. Faktor-faktor Produksi, Jakarta: Salemba Empat, Hal. 132

Soemarso S.R. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat, Hal.54

Suharsimi Arikunto, Op Cit, Hal. 156

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno Hadi. 2000. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset, Ed. I Cet. XXX.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro

Zimmerer, Thomas W Dkk. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Faishal, M. A., & Kramadibrata, B. S. . (2022). PENGARUH LOYALITAS DAN KREATIVITAS KARYAWAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN PALU BARAT. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 51–59. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.752

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.