Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Methodist 9 Medan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3860Keywords:
Writing Ability, News Text, Cooperative Jigsaw Method, PTKAbstract
This research aims to improve the ability to write news texts using the Jigsaw type cooperative method in class VIII students at SMP Methodist 9 Medan. The research method used is classroom action research with stages of planning, action implementation, observation, evaluation and reflection. The research results showed that there was an increase in students' ability to write news texts after implementing the Jigsaw cooperative method. This research was carried out from 14 May to 22 May 2024 at SMP Methodist 9 Medan.
Downloads
References
Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 270–277.
Agus, Suprijono. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ambarwati, Titik. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Berita Melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw Kelas VII B SMP Negeri 2 Karangkongko Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Repository Unwida.
Hutasoit, E., Purwanto, P., & Waruw, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 PANCURBATU. Jurnal Darma Agung, 27(2), 1049-1056.
Jannah, Miftahul. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas VIII B MTS Muhammadiyah Syuhada Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kosasih, E., dan Kurniawan, E. (2018). Jenis-jenis Teks. Bandung : Yrama Widya. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Ramadana, D. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Jigsaw Dengan Media Foto Berseri pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Selpi. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran P2RE (Persiapan, Pengorganisasian, Reflektif, dan Evaluasi) Pada Siswa Kelas VIII di SMP PGRI (Disamakan) Sungguminasa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Creative Student Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.