PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI MI NEGERI 2 GOWA

Authors

  • Chery Yanti MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1102

Keywords:

Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran bahwa masih banyak hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Siswa kurang dalam memahami materi pembelajaran khususnya pelajaran PKn karena siswa menganggap PKn hanya pelajaran yang memerlukan hafalan. Kurangnya pemanfaatan sumber belajar baik cetak maupun non cetak. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan, terjadi peningkatan daya serap klasikal pada Siklus I dan II sebesar 2,64 dan 3,09. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada Siklus I dan II sebesar 63,33% dan 90,00%. Dan daya serap individu pada Siklus I dan II sebanyak 19 siswa dan 27 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada pokok bahasan memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia siswa kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa tahun 2021-2022. Selain itu juga, penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw sangat efektif digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada pokok bahasan memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia siswa kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa tahun 2021-2022.

 

References

Arikunto, Suharsimi, & Suhardjono. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, dkk.. 2012. Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaran PKn di MTs Negeri Banjar Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Edisi ke-2, Nomor 10 Nopember 2012, 17-23.

Kemendikbud. 2021. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Chery Yanti. (2023). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI MI NEGERI 2 GOWA. Journal of Creative Student Research, 1(1), 178–195. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1102

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.