Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Minat Belajar

Authors

  • Angela Irisya Nesti IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1177

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel, Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan minat belajar tingkat  tinggi di kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan minat belajar tingkat sedang di kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan minat belajar tingkat rendah di kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB yang terdidri dari 28 siswa. Alat pengumpul data yanag digunakan adalah angket minat belajar, tes kemampuan berpikirkreatif matematis berbentuk essay sebanyak 4 soal, dan wawancara terdapat 6 siswa diperoleh dari hasil angket yang terdiri dari 2 siswa (B16 dan B1) perwakilan kelompok tinggi, 2 siswa (B5 dan B18) perwakilan kelompok sedang dan 2 siswa (B21 dan B24) perwakilan kelompok rendah.sebelum digunakan dalam penelitian ini, soal tersebut sudah diuji cobakan untuk menentukan validitas, daya pembeda, indeks kesukaran dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa B16 dan B1 memiliki minat belajar tinggi dengan kemampuan berpikir kreatif matematis memenuhi indikator-indikator berpikir kreatif kefasihan, fleksibilitas, kebaruan dan elaborasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memilki minat belajar tingkat tinggi memilki kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat atas. Untuk siswa B5 dan B18 memiliki minat belajar sedang dengan kemampuan berpikir kreatif matematis  siswa B5 memenuhi indikator-indikator berpikir kreatif kefasihan, fleksibilitas, dan elaborasi sedangkan siswa B18 memenuhi ini indikator elaborasi saja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memilki minat belajar tingkat sedang memilki kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat tengah. Dan untuk siswa B21 dan B24 memiliki minat belajar rendah dengan kemampuan berpikir kreatif matematis belum memenuhi indikator-indikator berpikir kreatif kefasihan, fleksibilitas, kebaruan dan elaborasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memilki minat belajar rendah tinggi memilki kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat bawah.

 

 

 

References

Dinata, K. B. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Dalam Matematika. Jurnal Eksponen, 7(2): 54-60.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2).

Halizah, N., & Sari, D. I. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Creativ Problem Solving (CPS) Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII MTs Nurul Huda. Jurnal Pendidikan dan Matematika (JPMM), 2(2): 76-85.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa smp kelas viii pada materi persamaan garis lurus berbantu aplikasi geogebra. Journal on Education, 2(1), 63-69.

Nurjanah, S., Sarah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Minat Belajar Siswa MTS. Journal on Education, 1(3), 260-266.

Putra, T. T., Irwan & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 1(1): 22-26.

Rahmawati, Irma. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratu, N., & Wahyuni, I. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs N 5 Magelang. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 340-346.

Sudirman, M. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Surya, Muhamad. (2015). Strategi Kongnitif dalam proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Makasar. SIGMA(Suara Intelektual Gaya Matematika, 12(1).

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Angela Irisya Nesti, Muhamad Firdaus, & Marhadi Saputro. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Minat Belajar . Journal of Creative Student Research, 1(1), 441–453. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1177

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.