Beasiswa KIP-K: Apakah Beasiswa Dapat Menjadi Motivasi Belajar Mahasiswa?

Authors

  • Erlin Nisa Alviyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Meilani Meilani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Fawwaz Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Nanda Aprilia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salma Adriyani Putri Saptaji Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heni Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1496

Keywords:

Beasiswa KIP-K, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Pendidikan menjadi kebutuhan dasar setiap individu, namun pada kenyataannya masih banyak individu yang belum mengenyam pendidikan dengan baik karena permasalahan biaya pendidikan yang tergolong mahal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintan Indonesia mengeluarkan program beasiswa KIP-K. Kami melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa KIP-K di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner terbuka melalui google form, dengan kuesioner terbuka memungkinkan responden untuk mengemukakan pandangan pribadi mereka terhadap serangkaian pertanyaan atau pernyataan yang terdapat di dalamnya. Setelah data diperoleh kami melakukan pengolahan data dengan tiga tahapan yaitu, tabulasi data, deskripsi dan analisis data, serta pembahasan yang kemudian ditarik kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa KIP-K di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggunakan 3 indikator yaitu perolehan IP per semesternya, motivasi dan prestasi belajar, serta hambatan dalam perkuliahan. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa beasiswa KIP-K memotivasi mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan IP yang stabil dan meningkat di setiap semesternya, motivasi tersebut disebabkan dengan adanya aturan IP minimum 2.75 yang harus diperoleh mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. Mahasiswa penerima KIP-K juga harus bertanggung jawab pada program beasiswa dengan cara mengelola penggunaan dana hidup dengan bijak.

References

Arfyanti, I. (2021). Penerapan Metode Technique for Orders Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Rank Order Centroid (ROC) Dalam Pemberian Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(3), 922. https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3048

Badan Pusat Statistik. (2022a). Angka Partisipasi (APS) 2020-2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/28/301/1/angka-partisipasi-sekolah-a-p-s-.html

Badan Pusat Statistik. (2022b). Berita Resmi Statistik Profil Kemiskinan di Indonesia September 2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/01/16/2015/persentase-penduduk-miskin-september-2022-naik-menjadi-9-57-persen.html

Kemendikbudristek. (2022). Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Kemendikbudristek. https://puslapdik.kemdikbud.go.id/terbukti-kip-kuliah-bermanfaat-bagi-mahasiswa-tidak-mampu

Larasati, M. (2022). KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Journal of Educational and Language Research, 2.

LTMPT. (2022). 20 PTN PENERIMA KIP-KULIAH TERBANYAK. LTMPT. https://www.instagram.com/p/Cb9_EvcvynR/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Misro’i, O., Nas, S., & Syabrus, H. (2022). Pengaruh Beasiswa KIP Kuliah terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6666–6672.

Muazaroh, S., & Subaidi, S. (2019). Kebutuhan Manusia Dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah). Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 17. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1877

Rukin. (2019). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Yepsi, N., Said, S., Sari, R. M., & Sanjaya, V. F. (2022). PENGARUH PEMBERIAN BEASISWA BANK INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 53–59.

Yusuf, E., & Sari, W. (2022). Pengaruh Beasiswa KIP Uang Kuliah Tunggal (UKT) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 189–196.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Alviyah, E. N., Meilani Meilani, Muhammad Fawwaz, Aprilia, S. N., Salma Adriyani Putri Saptaji, Rama Wijaya Abdul Rozak, & Heni Mulyani. (2023). Beasiswa KIP-K: Apakah Beasiswa Dapat Menjadi Motivasi Belajar Mahasiswa?. Journal of Creative Student Research, 1(2), 309–318. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1496

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.