Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (Tgt) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pandan

Authors

  • Vita Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i3.1777

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Teams Game Tournaments

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS di kelas VI SD NEGERI Pandan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournaments (TGT) tahun pelajaran 2022/2023. Pada Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pandan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VI. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu teknik yang digunakan dalam menganalisis data dengan menggambarkan data yang terkumpul untuk mengetahui hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Peneliti menemukan masalah yaitu guru masih menggunakan metode konvensional dimana guru lebih berperan aktif dari pada siswa. Guru cenderung lebih banyak menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan.

References

Ali, M. (2019). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT SANDIARTA SUKSES.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta:PRENADAMEDIA GROUP.

Razak, F & Alam, J. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe tgt Berbasis Ular Tangga. Solok: MITRA CENDEKIA MEDIA.

Putra, H., Ariawan, U., & Arsa, S. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal pendidikan Teknik Elektro. Vol. 6 No.3, Desember 2017.

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009), hal.99.

Abdurrahman Fatoni, Metodologi Penelitian dan teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta 2011), hlm. 112.

Rahmawati, P,.I. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Vita Rahmawati, & Agung Setyawan. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (Tgt) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pandan. Journal of Creative Student Research, 1(3), 304–315. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i3.1777

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.