Pengembangan Aplikasi E-Flip Builder Berdasarkan Pedagogic Knowledge (PK) Pada Materi SPLDV Kelas X SMA Negeri 1 Marau Pulau Borneo
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1172Keywords:
E-Flip Builder, Berdasarkan Pedagogic knowledAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran E-Flip Builder berdasarkan Pedagogic Knowledge yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMA Negeri 1 Marau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Marau sebanyak 16 orang, 4 orang ahli sebagai validator istrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli pedagogic knowledge, pedoman wawancara dan observasi, angket respon guru dan respon siswa. Hasil penelitian validasi E-Flip Builder berdasarkan Pedagogic Knowledge yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 93,89% dengan kriteria sangat valid. Yang kedua adalah hasil uji coba produk, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 91,19% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dari 16 orang dengan persentase 75,00% dengan kriteria sangat efektif.
Downloads
References
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 91(1), 157.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV. Literasi Nusantara.
Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. 1, SNPPM2020P-84.
Harahap, S. D., Siregar, S. D., Nasution, D. S., & Hasibuan, A. (2022). Optimalisasi Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital. Acitya Bhakti, 2(1), 43–56.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826.
Rahmawati, A., & Nuraeni, Z. (2021a). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Spldv Kelas Viii Berbantuan Video Animasi.
Rahmawati, A., & Nuraeni, Z. (2021b). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Spldv Kelas Viii Berbantuan Video Animasi.
Sugiyanto, S., Slamet, S., & Sugiyono, S. (2016). Pengembangan Kompetensi Profesional Berkelanjutan Dosen Vokasi Pada Pendidikan Vokasional Di Lampung. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 292–304.
Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder: Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127.