PERAN PARENTING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Habib Maulana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1031

Keywords:

Peran Parenting, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa kebutuhan awal peran parenting dalam pendidikan karakter sekolah dasar sebagai upaya strategi pembelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran dikelas. Sasaran pada penelitian ini adalah guru SD Gugus Kamboja Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan pada kegiatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan intrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Penggunaan teknik analisis data meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa dari instrumen dihasilkan data bahwa penerapan parenting pendidikan karakter dalam pembelajaran disekolah dasar tinggi. Keseluruhan guru sasaran penelitian berjumlah 18 orang. Selain menjalankan proses pembelajaran juga menerapakan parenting pendidikan karakter pada peserta didik dalam proses pembelajaran yang disusun dengan pembelajaran menarik dan menggunakan metode yang membuat peserta didik merasakan mudah menerima pembelajarannya selain itu, menerapakan parenting pendidikan karakter pada peserta didik dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter peserta didik. Adapun guru yang belum menerapakan parenting pendidikan karakter dalam pembelajaran disekolah dasar dan yang belum pernah mengikuti pelatihan atau seminar penerapan parenting pendidikan karakter dalam pembelajaran disekolah dasar. Hasil penelitian ini berguna sebagai analisa awal peran parenting dalam pendidikan karakter disekolah dasar. Agar Guru dapat menerapkan parenting pendidikan karakter dalam pembelajaran yang disusun dengan pembelajaran menarik dan menggunakan metode, teknik, prosedur, serta perangkat yang diperkirakan cocok untuk mencapai tujuan dalam menerapakan parenting pendidikan karakter pada pembelajaran. Dengan mengupayakan pengembangan kompetensi guru untuk mengelola sebuah kegiatan yang menarik dan mudah dalam kaitannya dengan proses pembentukan karakter peserta didik. Guru juga agar melibatkan peran orang tua dalam pelaksanaannpendidikan karakter karena keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan karakter pada peserta didik

References

R Maza Difri, Erianjoni. 2022. Peran Parenting dalam Pendidikan Anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang.

http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/download/632/307

Candra Silvianti.2017. Pelaksanaan Parenting Bagi Orangtua Sibuk dan Pengaruh Bagi Perkembangan Anak Usia Dini.

http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/3475/2433

Sari Dewi Novita, Rivo Nugroho. 2021. Kepuasan Orang Tua Pada Program Parenting Dalam Jaringan Di Paud Khadijah Wonorejo.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar sekolah/article/view/42426/36480

Marliani Rosleny. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakaraya.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Habib Maulana. (2023). PERAN PARENTING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH DASAR. Journal of Creative Student Research, 1(1), 23–36. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1031

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.