Pengaruh Moralitas Pendidik Terhadap Terciptanya Ruang Kelas Yang Berkarakter Di Era Society 5.0

Authors

  • Fadia Puja Ainun Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Setya Mawarni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1480

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidik, Society 5.0.

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang sedang ramai mendapat perhatian di era society 5.0 ini. Yang mana di era society 5.0 sekarang ini banyak terjadi perilaku menyimpang yang disebabkan oleh pesatnya kemajuan dari teknologi, sehingga pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya perilaku penyimpangan. Pendidikan karakter dilakukan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter kedalam setiap individu manusia. Dengan demikian, maka terdapat proses perubahan perilaku dan sikap dari yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui serta melihat bagaimana idealnya peran pendidik dalam menciptakan dan mengelola ruang kelas yang berkarakter, sehingga ruang kelas tersebut dapat menjadi lingkungan yang ideal bagi peserta didik untuk mengembangkan diri, serta potensi yang dimiliki. Selain itu juga membahas mengenai bagaimana kondisi pengelolaan kelas yang banyak terjadi pada saat ini, tantangan penerapan ruang kelas berkarakter, dan peran masyarakat serta lingkungan keluarga dalam mewujudkan ruang kelas berkarakter. Maka dalam analisis ini, disertakan berbagai alasan yang melatarbelakangi mengapa pendidik dijadikan poros dan membentuk ruang kelas berkarakter, serta bagaimana peran peserta didik dalam prosesnya.

References

Artikel Jurnal

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al Ulum, 37.

Hendriana, E. C., dkk. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 1 No. 2. Hal. 25-29. Diakses dari https://scholar.google.com/ pada 13 Maret 2023.

Hengky Sofyan, Z. D. (2022). Menanamkan Pendidikan Karakter Dalam. Jieco: Journal of Islamic Education Counseling, 17.

Palunga, R., dkk. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 8 No. 1. Hal. 109-123. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/ pada tanggal 13 Maret 2023.

Salsabilah, A. S., dkk. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5 No. 3. Diakses dari https://jptam.org/ pada tanggal 13 Maret 2023

Artikel Prosiding

Siswanto, dkk. (2016). Tata Kelola Guru untuk Meningkatkan Pendidikan yang Memuliakan. Prosiding Seminar Nasional, Yogyakarta, 23 April 2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 19-45. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/ pada 13 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Fadia Puja Ainun, Heni Setya Mawarni, & Ratna Sari Dewi. (2023). Pengaruh Moralitas Pendidik Terhadap Terciptanya Ruang Kelas Yang Berkarakter Di Era Society 5.0. Journal of Creative Student Research, 1(2), 227–239. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1480

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.