PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT ANAK DI SEKOLAH PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1034Keywords:
Learning loss, pengembangan anak,bakat minatAbstract
Dampak yang paling menonjol pada pandemi Covid-19 adalah penutupan sekolah dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring. Guru memberikan bahan pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet. Guru hanya memberikan bahan pembelajaran melalui zoom padahal peran guru di sekolah bukan hanya memberikan bahan pembelajaran tetapi juga mengasah bakat minat anak. Setiap anak itu unik dengan kemampuan yang luar biasa untuk dikembangkan sesuai dengan potensinya. Guru dalam mengembangkan bahan pembelajaran juga harus memperhatikan potensi anak.Tujuan dari jurnal non penelitian ini adalah peran guru untuk mengembangkan bakat minat siswa di sekolah. Memaksimalkan potensi anak berkaitan dengan bakat dan minat anak juga perlu berkolaborasi dengan orang tua untuk mewujudkan bakat tersebut.
Downloads
References
Ariga, Selamat. "Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19." EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2.2 (2022): 662-670
http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/225
Bahri, Syamsul. "Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.1 (2022): 425-435.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904
Bangun, Sabaruddin Yunis. "Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik." Jurnal Prestasi 2.4 (2019): 29-37.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpsi/article/view/11913
Febriyanti, Natasya. "Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara." Jurnal
Pendidikan Tambusai 5.1 (2021): 1631-1637.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10276
Padila, Padila, et al. "Impact Pandemi COVID-19 terhadap Perkembangan Anak Usia
Sekolah." Jurnal Keperawatan Silampari 6.1 (2022): 308-314.
https://osf.io/preprints/pg8ef/
Purwanto, Agus, et al. "Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses
pembelajaran online di sekolah dasar." EduPsyCouns: Journal of Education,
Psychology and Counseling 2.1 (2020): 1-12.
https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Ruli, Efrianus. "Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak." Jurnal Edukasi Nonformal 1.1 (2020): 143-146.
https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Saleh, Ahmad Muzawir. "Problematika Kebijakan pendidikan di tengah pandemi dan
dampaknya terhadap proses pembelajaran di Indonesia." (2020).
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/4399
Suhendro, Eko. "Strategi Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19." Jurnal Magistra 13.1 (2022): 13-28.
https://scholar.google.com/citations?user=G-G7yTsAAAAJ&hl=id&oi=sra
https://www.kompasiana.com/izadatulm
Yulianti, Marsela, et al. "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 1.3 (2022): 290-298.
http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/53