PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT ANAK DI SEKOLAH PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • PIPIT IRAWATI Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1034

Keywords:

Learning loss, pengembangan anak,bakat minat

Abstract

Dampak yang paling menonjol pada pandemi Covid-19 adalah penutupan sekolah dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring. Guru memberikan bahan pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet. Guru hanya memberikan bahan pembelajaran melalui zoom padahal peran guru di sekolah bukan hanya memberikan bahan pembelajaran tetapi juga mengasah bakat minat anak. Setiap anak itu unik dengan kemampuan yang luar biasa untuk dikembangkan sesuai dengan potensinya. Guru dalam mengembangkan bahan pembelajaran juga harus memperhatikan potensi anak.Tujuan dari jurnal non penelitian ini adalah peran guru untuk mengembangkan bakat minat siswa di sekolah. Memaksimalkan potensi anak berkaitan dengan bakat dan minat anak juga perlu berkolaborasi dengan orang tua untuk mewujudkan bakat tersebut.

References

Ariga, Selamat. "Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19." EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2.2 (2022): 662-670

http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/225

Bahri, Syamsul. "Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.1 (2022): 425-435.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904

Bangun, Sabaruddin Yunis. "Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik." Jurnal Prestasi 2.4 (2019): 29-37.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpsi/article/view/11913

Febriyanti, Natasya. "Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara." Jurnal

Pendidikan Tambusai 5.1 (2021): 1631-1637.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10276

Padila, Padila, et al. "Impact Pandemi COVID-19 terhadap Perkembangan Anak Usia

Sekolah." Jurnal Keperawatan Silampari 6.1 (2022): 308-314.

https://osf.io/preprints/pg8ef/

Purwanto, Agus, et al. "Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses

pembelajaran online di sekolah dasar." EduPsyCouns: Journal of Education,

Psychology and Counseling 2.1 (2020): 1-12.

https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Ruli, Efrianus. "Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak." Jurnal Edukasi Nonformal 1.1 (2020): 143-146.

https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428

Saleh, Ahmad Muzawir. "Problematika Kebijakan pendidikan di tengah pandemi dan

dampaknya terhadap proses pembelajaran di Indonesia." (2020).

https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/4399

Suhendro, Eko. "Strategi Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19." Jurnal Magistra 13.1 (2022): 13-28.

https://scholar.google.com/citations?user=G-G7yTsAAAAJ&hl=id&oi=sra

http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3011346&val=27204&title=STRATEGI%20MEMBANGUN%20KARAKTER%20ANAK%20SEKOLAH%20DASAR%20PADA%20MASA%20PANDEMI%20COVID-19

https://www.kompasiana.com/izadatulm

Yulianti, Marsela, et al. "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 1.3 (2022): 290-298.

http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/53

https://www.researchgate.net/profile/Satya-Wintara

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

PIPIT IRAWATI. (2023). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT ANAK DI SEKOLAH PASCA PANDEMI COVID-19. Journal of Creative Student Research, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1034

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.