ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BERBAGI BEST PRACTICE METODE LITERASI DAN RESITASI BAGI PESERTA DIDIK, GURU DAN KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Muzaro’ah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1110

Keywords:

Analisis kebutuhan, Pengembangan guru, Berbagi Best Practice, literasi dan resitasi

Abstract

Setiap guru memiliki kesulitan dan pengalaman mengajar  yang berbeda-beda. Untuk  meningkatkan pemahaman  metode belajar mengajar dan dalam mengatasi kesulitan belajar mengajar, maka dibutuhkan program yang dapat mendukung pengembangan kemampuan guru. Penelitian best practice merupakan salah satu proses pembelajaran bagi para pendidik untuk meningkatkan kualitas diri. Sebab menjadi seorang guru bukanlah akhir dari proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, menginformasikan, meyakinkan, dan menyampaikan kepada pembaca mengenai sesuatu informasi  berbagi best practice baik berupa fakta, pendapat,  pengalaman , dan peristiwa/cerita. Sasaran pada penelitian ini adalah guru SD Gugus  Ayodya Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Kegiatan penelitian ini  menggunakan metode  deskriptif kualitatif dengan intrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Tahapan penelitian ini meliputi: pengumpulan data, Reduksi dan kategorisasi data, Penampilan data, dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa dari instrument dihasilkan data bahwa motivasi dan keberhasilan guru dalam  kemampuan berbagi best practice sangat rendah. Jumlah  guru yang menjadi sasaran penelitian  keseluruhan berjumlah 37 orang. Guru yang pernah mengikuti pelatihan dalam  berbagi best practice di prosentasikan  hanya  5,4 % dan keberhasilan dalam menulis  karya sebagai laporan berbagi best practice berada pada angka 0 %. Kondisi ini terjadi karena   masih kurangnya  ilmu pengetahuan tentang pelaksanaan  berbagi best practice dan cara menulis laporan sebagai karya publikasi,  sarana dan prasarana yang belum memadai , waktu dan modal yang kurang mendukung. Hasil penelitian ini diharapkan berguna sebagai analisa awal kebutuhan pengembangan kompetensi guru, sehingga menciptakan guru-guru yang  kreatif , inovatif dan  dan produktif dalam  menciptakan  suasana  edukatif . dan dapat di rasakan kebermanfaatannya oleh dirinya sendiri maupun orang- orang yang ada di sekitarnya.

References

Dewi Ariyani, (2018), Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Di TK Khalifah Purwokerto.

file:///C:/Users/HP%20PAVILION/Downloads/mawi,+Journal+manager,+1.+DEwi+Aryani+175-190.pdf.

Iskandar, ( 2022 ), Best Practice.

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/best-practice-2023/.

Minda Baharu, Volume 5,( 2021), PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MEMOTIVASI

LITERASI MENULIS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KARIMUN

file:///C:/Users/HP%20PAVILION/Downloads/3352-10758-1-PB.pdf.

Nur Faizah, ( 2009 ), Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Dengan Metode Resitasi.

https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=resitasi+yaitu+&hl=id&as_sdt=0,5.

Nurisma, ( 2017 ), 4 Tahap Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Sosial

https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/PNg7190N-4-tahap-analisis-data-kualitatif-dalam-penelitian-sosial.

Wiwin Yuliani, ( 2018 ), Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=deskriptif+kualitatif+yaitu+&btnG

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Muzaro’ah. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BERBAGI BEST PRACTICE METODE LITERASI DAN RESITASI BAGI PESERTA DIDIK, GURU DAN KEPALA SEKOLAH. Journal of Creative Student Research, 1(1), 213–224. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1110

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.