Penerapan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Lempangang

Authors

  • Haerani Haerani MTs Muhammadiyah Lempangang Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1120

Keywords:

Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Hasil Pembelajaran Siswa

Abstract

Salah satu kemampuan guru yang harus dilakukan penilaian oleh Kepala Madrasah yaitu menilai hasil pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan bahwa guru hanya melakukan penilaian pada aspek kognitif saja tanpa melakukan penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik, masih adanya guru yang tidak membuat analisis hasil belajar siswa, dan masih banyak guru yang tidak membuat dan melaksanakan program remedial bagi siswa yang belum tuntas. Permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas supervisi akademik Kepala Madrasah sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah Lempangang Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil yang didapatkan selama melaksanakan penelitian yaitu terjadi peningkatan kemampuan guru pada siklus I, II, dan III sebesar 68,63%, 77,88%, dan 86,88%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 25%, 50%, 100%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa pembinaan melalui penerapan supervisi akademik Kepala Madrasah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa. Kegiatan supervisi akademik ini juga memiliki efektivitas dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Masaong, Abd. Kadim. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, dkk. (2011). Buku Kerja Kepala madrasah Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM, dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Haerani Haerani. (2023). Penerapan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Lempangang. Journal of Creative Student Research, 1(1), 225–237. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1120

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.