REALISASI METODE DISKUSI RASULLAH SAW TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1055Keywords:
: Relisasi,metode,diskusi,rasulullah SAWAbstract
Metode Rasulullah dalam aktivitas pengajaran adalah bentuk Pertanyaan logis atau pasional metode Ini biasanya, beliau tempuh dalam rangka Menyadarkan Seseorang, tentang kebenaran Metode berdiskusi ini mengenai Pemecahan masalah Sebagai mana Pula Rasulullah berdiskus, Kepada Para Sahabatnya memberikan Pengabaran fentang perilalu melalui teladan yang baik dan Pengajaran oleh keesaan Allah.Ada banyak metode dalam pengajaran yang diterapkan Oleh guru di Salah satunya metode diskusi metode ini menekankan pada Interaksi antara sesama Peserta didik dan juga guru dalam Membahas atau mencari solusi Pembelajaran materi. Rasulullah SAW merupakan salah satu contoh dari beberapa amalan pembelajaran yang baik. Sebelum mengajar, guru harus menjelaskan kepada siswa tentang keutamaan ilmu dan pencarian ilmu, sehingga siswa merasa membutuhkan ilmu. Kemudian menggabungkan pengajaran dan pendidikan, yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi menumbuhkan perilaku peserta didik menjadi manusia yang berakhlak baik. metode pembelajaran yang sesuai yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, kemudian evaluasi. Guru juga harus memperhatikan dan memuji siswa agar siswa merasa dihargai dalam meningkatkan pembelajarannya. Selain itu, guru harus mengetahui potensi dan kemampuan berpikir siswa sehingga dapat menilai tingkat belajar siswa.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Ghofur, Metode Pembelajaran Pada Zaman Nabi Muhammad SAW,
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta:Kencana, 2013), hal. 16
HemediHemedi Maruf, implementasi Metode diskusi dalam pembelajaran Al-Quran hadis suluh, NO. 1 Vol. 4
Abdul rafattah Abu Guddha, 40 Metode Pendidikan &Pengajaran Rasulullah SWA (Bandung, irsyadBaitus salamsalam, 2019) Hal. 211