PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Serli Ria Amelia Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Siti Maulidia Ainun Nisya’ Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Laily Muzdalifah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1046

Keywords:

brand ambassador, brand image, country of origin, minat beli konsumen.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, brand image dan country of origin terhadap minat beli konsumen pada produk skincare Korea Selatan COSRX. Uji pengaruh ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 170 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer berbentuk kuesioner yang mana merupakan hasil tanggapan dari responden dengan kriteria pelanggan generasi Z yang telah menggunakan produk COSRX dan mengetahui brand ambassador terbarunya dan merupakan followers dari Instagram resmi COSRX Indonesia. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian hipotesis yaitu melakukan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen dan country of origin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen.

References

Aaker, D. A., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity & Advertising Role in Building Strong Brand (1st Editio). Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Barrameda, K. M. S., Alaras, M., & Mondia, G. (2020). COUNTRY OF ORIGIN EFFECT IN SKINCARE PREFERENCE : COMPARING JAPAN, KOREA, AND US. 7th National Business and Management Conference, November 2019, 0–20.

Ferdinand, A. (2014). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor (Buku Edisi). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenwood, G. L. (2013). Fashion Marketing Communications (1st Editio). Somerset, NJ, USA: Wiley.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis 8th Edition (8th editio). Cengage Learning EMEA Ltd.

Hogarth, H. K. (2013). The Korean Wave: An Asian Reaction to Western-Dominated Globalization. Perspectives on Global Development and Technology, 12(1-2), 135–151. https://doi.org/https://doi.org/10.1163/15691497-12341247

Index, Z. B. (2020). ZAP Beauty Index 2020 | 1. https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management 16th Edition (16th ed.). Pearson Education.

Lee, D., & Ganesh, G. (1999). Effects Of Partitioned Country Image In The Context Of Brand Image And Familiarity: A Categorization Theory Perspective. International Marketing Review, 16(1), 18–39. https://doi.org/10.1108/02651339910257610

Maulida, N. F., Saufi, A., & HS, R. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK KECANTIKAN NACIFIC INDONESIA. 2 No. 2 Ju, 224–232.

Muttaqin, R., & Mahrinasari. (2022). PENGARUH KIM SOO HYUN SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE COSRX. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9).

Pandika, N. S., Sagir, J., & Darwini, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Country of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Korea. EKONOBIS, 7(1), 125–142.

Shalehah, A., Moslehpour, M., Trisno, I. L. O., & Cor, P.-K. L. (2019). The Effect of Korean Beauty Product Characteristics on Brand Loyalty and Customer Repurchase Intention in Indonesia. 2019 16th International Conference on Service Systems and Service Management (ICSSSM), December, 1–5. https://doi.org/10.1109/ICSSSM.2019.8887676

Soraya, A., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Country of Origin dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic pada Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara. 1st E-Proceeding SENRIABDI 2021, 1(1), 400–415.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tiara, S. A., & Sulistyowati, R. (2022). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND LOVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE NATURE REPUBLIC DI TUNJUNGAN PLAZA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1583–1590.

Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). THE INFLUENCE OF BRAND AMBASSADOR ON BRAND IMAGE AND CONSUMER PURCHASING DECISION : A CASE OF TOUS LES JOURS IN INDONESIA. International Conference on Entrepreneurship, March.

Wardani, P. E., Kriestian, A., & Adhi, N. (2022). The Influence of Brand Ambassador, Country of Origin, and Brand Image on Purchase Decisions of Skincare Products. Asian Journal of Entrepreneurship, 3(3), 88–98. https://doi.org/https://doi.org/10.55057/aje.2022.3.3.8

Yasin, M. N., Mohd Nasser Noor, & Mohamad, O. (2007). Does Image Of Country of Origin Matter To Brand Equity? Journal of Product and Brand Management, 16(1), 38–48. https://doi.org/10.1108/10610420710731142

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Serli Ria Amelia, Siti Maulidia Ainun Nisya’, & Laily Muzdalifah. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE, DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Journal of Creative Student Research, 1(1), 143–162. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1046

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.