Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Methodist 9 Medan

Authors

  • Putri Enjel Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Yemima Rina Yanti Panjaitan Universitas Negeri Medan
  • Nur Annisa Fatin Universitas Negeri Medan
  • Yandika Lamtorang Gurusinga Universitas Negeri Medan
  • Marsela Naomi Sirait Universitas Negeri Medan
  • Dara Aisyah Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3860

Keywords:

Writing Ability, News Text, Cooperative Jigsaw Method, PTK

Abstract

This research aims to improve the ability to write news texts using the Jigsaw type cooperative method in class VIII students at SMP Methodist 9 Medan. The research method used is classroom action research with stages of planning, action implementation, observation, evaluation and reflection. The research results showed that there was an increase in students' ability to write news texts after implementing the Jigsaw cooperative method. This research was carried out from 14 May to 22 May 2024 at SMP Methodist 9 Medan.

References

Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 270–277.

Agus, Suprijono. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ambarwati, Titik. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Berita Melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw Kelas VII B SMP Negeri 2 Karangkongko Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Repository Unwida.

Hutasoit, E., Purwanto, P., & Waruw, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 PANCURBATU. Jurnal Darma Agung, 27(2), 1049-1056.

Jannah, Miftahul. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas VIII B MTS Muhammadiyah Syuhada Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kosasih, E., dan Kurniawan, E. (2018). Jenis-jenis Teks. Bandung : Yrama Widya. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Ramadana, D. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Jigsaw Dengan Media Foto Berseri pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Selpi. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran P2RE (Persiapan, Pengorganisasian, Reflektif, dan Evaluasi) Pada Siswa Kelas VIII di SMP PGRI (Disamakan) Sungguminasa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-06-10

How to Cite

Putri Enjel Tarigan, Yemima Rina Yanti Panjaitan, Nur Annisa Fatin, Yandika Lamtorang Gurusinga, Marsela Naomi Sirait, Dara Aisyah, & Mustika Wati Siregar. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Methodist 9 Medan. Journal of Creative Student Research, 2(3), 180–187. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3860

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.