RANCANG BANGUN APLIKASI LAPORAN KUNJUNGAN KERJA MEDICAL REPRESENTATIVE SECARA DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA PT. PERTIWI AGUNG

Authors

  • Junaidi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i1.1099

Keywords:

medical representative, kunjungan, android, database

Abstract

Seorang medical representative terkadang harus memperluas wilayah kunjungannya dan juga harus bisa mencapai target kunjungan. Target kunjungan menjadi tolok ukur kinerja sebagai medical representative. Dalam hal ini kegiatan yang dilakukan oleh medical representative kurang terpantau. Karena kegiatan dilakukan secara manual (masih menggunakan penerima) sehingga tidak jelas apakah medical representative sudah mengunjungi pelanggan atau belum karena tanda tangan pelanggan mudah dipalsukan (dalam hal ini dokter dan apotek). Kunjungan ke pelanggan tidak jelas dan teratur, perusahaan tidak bisa mengetahui pelanggan mana yang sudah didatangi tenaga penjual dan mana yang belum didatangi. Model pengembangan prototype menjadi salah satu metode dalam penelitian ini. Dengan menggunakan aplikasi berbasis Android dan didukung dengan database MySql, dibangun sebuah aplikasi yang dapat membantu meringankan beban kerja medical representative dalam menjalankan tugasnya yang bertujuan untuk melaporkan segala aktivitas yang dilakukan oleh medical representative dalam menjalankan tugasnya.

References

T. Abdullah and F. Tantri, Manajemen pemasaran, Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

J. L. Rahardjo, The Secrets Of Bad Sales, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2011.

M. Mukhsin, "Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi," Jurnal Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7-15, 2020.

K. Umam, Manajemen Perkantoran : Referensi Untuk Para Akademisi Dan Praktisi, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

C. Mardewi and H. Riady, "Minat Memilih Profesi MedRep Ditinjau dari Persepsi dan Citra Profesi," Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 4, no. 2, pp. 129-140, 2015.

R. Wulandari and A. Imron, "Modal Sosial Medical Representative Perusahaan farmasi di Kota Madiun," Paradigma, vol. 5, no. 3, pp. 1-6, 2017.

R. Aji, "Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital)," Islamic Communication Journal, vol. 1, no. 1, pp. 43-54, 2016.

M. Danuri, "Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital," Jurnal Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 116-123, 2019.

Y. Supardi, Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Y. Murya, Pemrograman Android Black Box., Yogyakarta: Jasakom, 2014.

N. S. Harahap, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Downloads

Published

2021-04-24

How to Cite

Junaidi. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI LAPORAN KUNJUNGAN KERJA MEDICAL REPRESENTATIVE SECARA DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA PT. PERTIWI AGUNG. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i1.1099

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.