RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DAN VUE.JS

Authors

  • Rifky Rahardian Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali
  • Michael William Pratama Wenas Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i3.494

Keywords:

koperasi, sistem informasi, laravel, vue.js

Abstract

Sebagian besar aktivitas koperasi XYZ masih dilakukan secara manual pada saat proses perekaman, dan pencarian arsip tertentu membutuhkan waktu yang lama karena kurangnya sumber informasi yang memberikan posisi penyimpanan arsip yang tepat. Sebagai solusi dari situasi yang ada, kita membutuhkan Sistem Informasi Koperasi Menggunakan Laravel Framework dan Vue.Js. Solusi ini menggunakan QR-Code untuk mengidentifikasi lokasi penyimpanan arsip sehingga personel tidak perlu memeriksa setiap kotak kardus item satu per satu. Sistem ini dibangun menggunakan Laravel Framework yang merupakan framework open source dengan menggunakan konsep MVC (Model, View, Controller). Model pada Laravel merupakan representasi dari struktur data yang memiliki fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengelola database. View pada Laravel adalah bagian yang mengatur interface website agar user dapat berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Controller di Laravel adalah bagian yang bertindak sebagai jembatan antara Model dan View dengan mengirimkan permintaan dari View dan menerima tanggapan dari Model. (Basuki, 2019) Sistem ini menggunakan Vue.Js, sebuah framework JavaScript untuk membuat tampilan website menjadi lebih interaktif. Vue.Js adalah kerangka kerja open source lain yang secara native didukung oleh Laravel, membuat pengembangan sistem lebih mudah ketika kedua kerangka tersebut digabungkan. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan karyawan dalam hal pemeliharaan dokumen perusahaan, khususnya pengelolaan dan penyimpanan arsip, serta mengidentifikasi lokasi arsip menggunakan QR-Code yang berisi informasi lokasi penyimpanan arsip terkait.

References

Pengembangan Sistem Informasi Koperasi on Sekawan Media. [Online]. Available: https://www.sekawanmedia.co.id/solusi/aplikasi-koperasi/

A. O’Sullivan and S.M. Sheffrin, Economics: Principles in Action, Needham, United States: Prentice Hall, 2003.

M.I. Ningsih, Koperasi, Bandung, Indonesia: Pringgadani, 2009.

H.H. Munkner, Prinsip - Prinsip Koperasi dan Undang - Undang Koperasi, Jakarta, Indonesia: Pusat Latihan Dan Penataran Perkoperasian Direktorat Jenderal, 1980.

K. Hendar, Ekonomi Koperasi, Mataram, Indonesia: FE-UI, 2005.

M. Bunchuk, Glossariy po informatsionnomu obshchestvu, Moscow, Russia: Institut razvitiya informatsionnogo obshchestva, 2009.

L. Sergeevna, M. Alekseevna and V. Sergeevna, “Ponyatiye i klassifikatsiya informatsionnykh tekhnologiy,” Dostizheniya nauki i obrazovaniya, vol. 12(66), pp. 41-43, 2021.

Федеральный закон от 27 июля 2006 года № 149-ФЗ «Об информации, информационных технологиях и о защите информации»

J. Graesch, J. Henseler and S. Hensel-Börner, “Information technology and marketing: an important partnership for decades. Industrial Management and Data Systems,” vol. 121(1), pp. 123-157, 2020.

G. Ray, J. Benitez and J. Henseler, “Impact of information technology infrastructure flexibility on mergers and acquisitions,” MIS Quarterly, vol. 42(1), pp. 25-43, 2018.

E. Dominguez-Escrig, F. Broch, R. Chiva and R. Lapiedra, “Promoting radical innovation through end-user computing satisfaction,” Industrial Management and Data Systems, vol. 118(8), pp. 1629-1646, 2018.

D.C. Croson and P.L. Drnevich, “Information technology and business-level strategy: toward an integrated theoretical perspective,” MIS Quarterly, vol. 37(2), pp. 483-509

A. Basuki, Konsep dan Implementasi Pemrograman Laravel 5 (Edisi 2019), Yogyakarta, Indonesia: Lokomedia, 2019.

L. Gani, Panduan Praktis Menguasai Vue.js, Yogyakarta, Indonesia: Lokomedia, 2018.

M. Adani. (2021) Data Flow Diagram (DFD): Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh on Sekawan Media. [Online]. Available: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-dfd/

I. Ismail. (2021) QR Code adalah: Pengertian dan Fungsinya sebagai Metode Pembayaran on Accurate Online. [Online]. Available: https://accurate.id/ekonomi-keuangan/qr-code-adalah/

D. Pramana, I.K.A.H. Putra dan N.L.P. Srinadi, “Sistem Manajemen Arsip Menggunakan Framework Laravel dan Vue.Js (Studi Kasus : BPKAD Provinsi Bali),” Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 13(2), pp. 97-104, 2019.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Rahardian, R., & William Pratama Wenas, M. . (2022). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI XYZ MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DAN VUE.JS. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(3), 115–122. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i3.494

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.