SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN HASIL PRODUK BERBASIS INTERNET OF THINGS

Authors

  • Muhammad Abdul Khalim Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Andreas Heri Kurniawan Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Candra Supriadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.369

Keywords:

counter, berat, menghitung otomatis

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya alat-alat yang diciptakan manusia untuk mempermudah dalam kehidupan.  Didalam industri berbagai macam pekerjaan dilakukan dengan cepat sehingga dengan counter yang bersifat manual akan menghambat seperti barang-barang.Pada PT. APPAREL ONE INDONESIA untuk menghitung sebuah outputan harus di lakukan dengan manual atau dengan menekan satu persatu, maka dari itu peneliti memecahkan solusi dengan membuat sistem penghitungan barang otomatis berbasis Internet of Things (IoT). Sistem utama dirancang menggunakan Sensor ultrasonik,sensor berat dan Nodemcu esp8266. Dengan metode prototype untuk mensimulasikan sistem ini sebelum di terapkan di lapangan produksi untuk mengetahui cara kerja sistem. Berdasarkan pengujian dengan cara object didekatkan dengan sensor ultrasonik dan berat untuk mengetahui jumlah barang secara otomatis yang dihasilkan setiap harinya, tanpa harus melakukan penghitungan secara manual. Selain penghitungan otomatis, sistem ini juga melakukan penginputan secara otomatis dan data tersebut tersimpan di database

References

Sari, D. N. (2018). SIMULASI PENJADWALAN BUS TRANS MEBIDANG MENGGUNAKAN METODE REPETITIVE SCHEDULLING. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 6(3), 297-301.

Abdullah, D. (2015). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KAPAL DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) CABANG LHOKSEUMAWE. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(2).

Nur, K., & Sapta, T. P. (2013). The design and construction of mechanical support on container imaging equipment prototype using gamma rays technique.

Antara, M. A. S., & Suteja, I. W. A. Analisis Arus, Tegangan, Daya, Energi, Dan Biaya Pada Sensor PZEM-004T Berbasis NODEMCU ESP8266.

Michael, D., & Gustina, D. (2019). Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air Pada Kolam Ikan Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino. ikraith-informatika, 3(2), 59-66.

Sam, N. N., Rifaldi, M., Wibowo, N. R., & Nur, M. (2020). Rancang Bangun Modul Praktik Load Cell dengan Kapasitas 20 Kg Berbasis Arduino Nano. Mechatronics Journal in Professional and Entrepreneur (MAPLE), 2(1), 21-26.

Purnomo, D. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 2(2).

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Abdul Khalim, M., Heri Kurniawan, A. ., & Supriadi, C. . (2022). SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN HASIL PRODUK BERBASIS INTERNET OF THINGS. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.369