SISTEM PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN RASPBERRY DENGAN SENSOR FINGERPRINT DAN WEBCAM

Authors

  • Sindhu Rakasiwi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Haryo Kusumo Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Agus Cahyo Pangestu Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.372

Keywords:

Presensi, Raspberry, Sensor Fingerprint, Webcam, PHP, MYSQL

Abstract

Proses presensi karyawan bagi sebuah perusahaan sangatlah penting untuk dilakukan. Karena presensi atau kehadiran karyawan menjadi tolak ukur untuk menentukan tingkat kedisiplinan seorang karyawan di sebuah perusahaan. Jika preseni dilakukan secara manual, maka akan memakan waktu yang cukup lama dan kurang efektif. Di PT Tunas Sahabat Tani proses masih di lakukan secara manual, proses pencatatan presensi yang manual ini dapat memicu para karyawan untuk melakukan titip absen. Dari masalah tersebut maka peniulis membuat “Sistem Presensi Karyawan Otomatis Menggunakan Raspberry Dengan Sensor Fingerprint Dan Webcam”. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membatu proses kegiatan presensi karyawan di PT. Tunas Sahabat Tani sehingga pencatatan presensi menjadi lebih sistematis dan lebih terpantau dari pada sebelumnya. Pada sistem ini penulis menggunakan hardware raspberry pi sebagai pengendalinya dan sensor fingerprint untuk mendaftarkan dan menscan karyawan yang sedang melakukan kegiatan presensi serta menggunakan webcam untuk memotret para karyawan yang sedang melakukan kegiatan presensi, selanjutnya data akan disimpan di database dan staff HRD dapat mengakses web untuk melakukan repaitulasi kehadiran karyawan. Sistem yang di bangun menggunakan perangkat lunak PHP dan MYSQL. Dengan rekap yang sudah terkomputerisasi sehingga pencatatan karyawan lebih sistematis dan lebih terpantau

References

Abidin, Zainal. 2009, “ Kupas Tuntas Netbook : Merawat, Membaeli, Koneksi Internet, dan Mengatasi Virus Netbook “, Yogyakarta ; Penerbit MediaKom

Aris, Mubarak. Ikhsan, Yuliardi. Windy, Ramadhan. Ageng, Permana. Angga. 2015 ,” Desain Aplikasi Informasi Absensi Karyawan Dengan Radio Frequency Identification (RFID) Pada PT. skyputra Pancasurya”, Seminar Nasional dan Multimedia.

Budiarto, Widodo. 2011, “ Aneka Proyek Mikrokontroler (Panduan Utama Untuk Riset/Tugas Akhir) “, Yogyakarta ; Graha Ilmu.

Hutahaean, Jeperson. 2014, “Konsep Sistem Informasi”, Yogyakarta : penerbit Deepublish Jayusman Chandra. 2015, “Sistem Kelistrikan Motor Industri Menggunakan Arduino Uno

akses Fingerprint Di PT. Utama Raya Motor Industri”.

K. A. Nantung, M. e. I Najoan, B. A. Sugiarso, S. D. E. Paturusi. 2014, “Desain Implementasi Sistem Abensi Fingerprint di Jaringan Kampus dan Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Terpadu UNSRAT”.

Kadir, Abdul. 2013, “Panduan Praktis Mempelajari Aplikkasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino”, Yogyakarta ; penerbit Andi

Kadir, Abdul. 2002, “ Penuntun Praktis Belajar SQL “, Yogyakarta ; Andi Yogyakarta.

Media, Laksamana. 2009, “Youtube & Google Video : Membuat, Mengedit, dan Upload Video”, Yogyakarta ; penerbit MediaKom

Muhammad Syahwil. 2013, “Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler Arduino”, Yogyakarta ; Penerbit Andi.

Muhammad Shadiq, Helmi. Sudjadi. Darjat. 2014, “Perancangan Kamera Pemantau Nirkabel Menggunakan Raspberry Pi Model B”,

Nugroho, Bunafit. 2009, “ Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX (6,7, 2004) dan 8”, Yogyakarta ; Penerbit Gava Media.

Novaria Kunanag, Yesi. Zuhri Yadi, ilman. Zulkipli, Asril. “Laboratorium Komputer Virtual Berbasis Linux “.

Rakhman. Edi, Candrasyah. Faisal, Sutera. Fajar D. 2014, “Raspberry Pi Mikrokontroller Mungil Yang Serba Bisa”, Yogyakarta ; Penerbit Andi Yogyakarta.

Rozikin. Khoirur, dan Purwatini. L. 2014. “Pengaruh Sistem Presensi dengan Deteksi Sidik Jari dan SMS Gateway Terhadap Tingkat Membolos Siswa” .

Saputra, Dony. Haris Mas’ud, Abdul. 20114, “ Akses Kontrol Ruangan Menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Mokrokontroller Atmega329P “.

Saputra. Rico Dani, dan Hartono. Anggit Dwi. 2013,”Perancangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Visual Basic Pada Jogja Fitnes”. [http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/143/128]. Diakses pada 04 Mei 2017.

Setiawan, D., & Sumarlin, T. (2021). PERANCANGAN SISTEM PRESENSI SIDIK JARI BERBASIS VISUAL BASIC. NET MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 1(3), 60-69.

Subri. Hassibuan. 2002, “ Pengertian Karyawan dan Jenis-Jenis Karyawan di Perusahaan”. [https://pengertiandefinisi.com/pengertian-karyawan-dan-jenis-jenis-karyawan-di- perusahaan/]. Diakses pada 7 September 2017

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Rakasiwi, S. ., Kusumo , H. ., & Cahyo Pangestu , A. . (2022). SISTEM PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN RASPBERRY DENGAN SENSOR FINGERPRINT DAN WEBCAM. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.372

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.