APLIKASI PEMANDU WISATA PADA ANJUNGAN BALI TAMAN MINI INDONESIA INDAH BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Junaidi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1020

Keywords:

teknologi, augmented reality, Visual, aplikasi

Abstract

Teknologi komputer dapat digunakan dalam segala aspek kehidupan manusia dari pekerjaan yang sederhana sampai pekerjaan yang kompleks. Salah satunya adalah teknologi augmented reality. Augmented Reality adalah teknologi yang melibatkan penggambaran grafik komputer dengan dunia nyata. Pengguna dapat melihat dunia nyata ditambah objek virtual dan dapat berinteraksi dengan lingkungan nyata. Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah belum memanfaatkan teknologi secara maksimal dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada pengunjung. Oleh karena itu tujuan penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi yang akan menampilkan hasil berupa gambaran bangunan pada Anjungan Bali yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi bangunan yang ada di Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah.

References

A. F. Habibah and I. Irwansyah, "Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru," Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis , vol. 3, no. 2, pp. 350-363, 2021, doi: https: //doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255.

A. W. Pratama and A. Dores , "Sistem Informasi Pencarian Pengepul Barang Bekas Di Kota Tangerang Berbasis Website," ,Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 72-80, 2018.

S. Wardani, "Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak," Jurnal Teknologi, vol. 8, no. 2, pp. 104-111, 2015.

I. Mustaqim , "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 13, no. 2, pp. 174-183, 2016.

A. Nugroho and B. A. Pramono, "Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang," Jurnal TRANSFORMATIKA, vol. 14, no. 2, pp. 86-91, 2017.

F. Lenurra and D. Pratiwi, "Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Apartemen Dengan Metode Markerless," in Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, Jakarta, 2017.

S. D. Y. Kusuma, "Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking," ,urnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 3, no. 1, pp. 33-38, 2018.

S. D. Siswanti and T. Titoyan, "Deteksi Keypoint pada Markerless Augmented Reality untuk Design Furniture Room," Jurnal. Komputer Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 179-194, 2016.

M. Laya and R. Rewaldy, "Visualisasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android," Jurnal MULTINETICS, vol. 1, no. 1, pp. 36-40, 2015.

A. A. A. Wulandari, "Taman Mini Indonesia Indah Sebagai Bagian Dari Fenomena Taman Budaya Dunia," Jurnal HUMANIORA, vol. 3, no. 2, pp. 455-464, 2012.

Downloads

Published

2021-08-20

How to Cite

Junaidi. (2021). APLIKASI PEMANDU WISATA PADA ANJUNGAN BALI TAMAN MINI INDONESIA INDAH BERBASIS AUGMENTED REALITY. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1020

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.