SISTEM INFORMASI ANGGARAN UANG PERSEDIAAN DAN BELANJA LANGSUNG METODE AKRUAL BASIS MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NET

Authors

  • Qonnas Nadiavalen Faradhomas Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Reni Veliyanti Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Priyadi Priyadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.368

Keywords:

sistem informasi, visual basic net, my sql, metode akrual

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat cepat. Fungsi teknologi informasi adalah untuk menangkap data, memproses data, menghasilkan, menyusun, menyimpan dan menemukan kembali informasi data, baik untuk kebutuhan informasi pribadi, bisnis dan pemerintahan. Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Jawa Tengah (SATKER PJN I Provinsi JATENG) adalah kantor Pemerintahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang beralamat di Jl. Murbei Barat I Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Semarang. Selama ini dalam pencatatan anggaran masih menggunakan cara manual. Berdasarkan masalah tersebut penulis merancang sebuah “Sistem Informasi Anggaran Uang Persediaan dan Belanja Langsung Metode Akrual Basis menggunakan Visual Basic. Net pada SATKER PJN I Provinsi JATENG” yang digunakan untuk memudahkan admin dalam pengelolaan anggaran, pencarian data dan pencetakan laporan. Sistem menggunakan Visual Basic. Net database mySQL dan Crystal Report untuk laporan data, sedangkan dalam metode yang digunakan dengan akrual basis.

Dari hasil penilaian angket validasi terhadap sistem yang dilakukan oleh validator internal menunjukkan nilai 3,1 termasuk kedalam kriteria valid karena berada di range 2,51 - 3,25, sedangkan penilaian validasi terhadap sistem oleh validator eksternal menunjukkan nilai 3,6 yang termasuk kedalam kriteria sangat valid karena berada di range 3,26 – 4,00 dalam skala angket. Untuk perbandingan kinerja sistem lama dan sistem baru oleh pengguna menunjukkan hasil penilaian angket sebesar 40,00 % : 93,33 % terdapat peningkatan kinerja sebesar 53,33% sehingga sistem berada pada kategori sangat efektif

References

Enterprise, J. (2019). Belajar Pemrograman dengan Visual Studio. Elex media komputindo.

Handayani, M. (2019). Akuntansi Sektor Publik: Dilengkapi 100 Soal Latihan Dan Jawaban. POLIBAN PRESS.

Haqi, B. (2019). Aplikasi SPK Pemilihan Dosen Terbaik Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Java.

Deepublish.

Harianto, K., Pratiwi, H., & Suhariyadi, Y. (2019). SiSTEM MONITORING LULUSAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA MENGGUNAKAN TRACER STUDY. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: (KTI). Deepublish.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Munawir, L. A. (2018). Sistem Informasi Manajemen. Banda Aceh.

Pramono, D. J. (2021). Otomatisasi Tata Kelola Keuangan SMK/MAK Kelas XI. Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Program Keahlian Manajemen Perkantoran (Edisi Revisi). Penerbit Andi.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex media komputindo.

Sari, Y. (2017). Logika Algoritma, Pseudocode, Flowchart, dan C++. Perahu Litera.

Shatu, Y. P., Sari, N., & Semesta, P. I. (2016). Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Lembar Langit Indonesia.

Sianipar, P. (2018). Bekerja dengan Microsoft Excel 2016. Elex Media Komputindo.

Sulianta, F. (2020). Menciptakan Produk Pendidikan menggunakan Metode R & D: Disertai Langkah demi Langkah Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital. Feri Sulianta.

Syahrin, M. A. (2018). ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA SELATAN. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Deepublish.

Wahjono, E. S. I. (2018). Pengantar Bisnis.Kencana.

Yusup, D., Safari, I., & Akin, Y. (2018). Pengaruh Whole Method and Part Method Terhadap Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di SDN 1 Jemaras Lor. PROSIDING SEMINAR NASIONAL“Membangun Generasi Emas, 2045, 98.

Downloads

Published

2022-04-19

How to Cite

Nadiavalen Faradhomas , Q. ., Veliyanti, R. ., & Priyadi, P. (2022). SISTEM INFORMASI ANGGARAN UANG PERSEDIAAN DAN BELANJA LANGSUNG METODE AKRUAL BASIS MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NET. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.368

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.