PENGGUNAAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) PADA TEKNOLOGI MOBIL MASA DEPAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI

Authors

  • Teguh Arifianto Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Sunaryo Sunaryo Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Lady Silk Moonlight Politeknik Penerbangan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.363

Keywords:

manusia, mobil, fingerprint car starter, support vector machine (SVM), sidik jari

Abstract

Manusia tak lepas dari aktifitas sehari-hari. Seorang pekerja harus berangkat ke kantor untuk bekerja. Seorang pelajar harus berangkat ke kampus ataupun ke sekolah untuk belajar, dan sebagainya. Terkadang seseorang tersebut berangkat untuk melakukan aktifitas masing-masing menuju tempatnya menggunakan kendaraan yaitu mobil.

Harga mobil yang begitu mahal dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu, membuat pemilik cenderung menambahkan sebuah alat yang dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi agar terhindar dari tindak kriminalitas pencurian mobil yaitu dengan menambahkan fingerprint car starter. Pemanfaatan fingerprint car starter digunakan ketika pemilik akan menghidupkan mesin mobil.

Fingerprint car starter ini menggunakan metode support vector machine (SVM). SVM adalah salah satu metode jaringan syaraf tiruan pada pengenalan sidik jari. SVM mengimplementasikan prinsip structural risk minimization yang bertujuan untuk meminimalisasi sebuah hubungan dari kesalahan umum. Keuntungan lain menggunakan metode SVM adalah hasil pelatihan dari SVM dapat menyelesaikan solusi yang unik dan optimal.

Cara kerja dari sistem ini yaitu meng-input-kan sidik jari ke dalam alat ini. Sebelum sidik jari diproses, sidik jari telah tersimpan ke dalam database. Kemudian sidik jari diklasifikasi ke salah satu database sidik jari yang telah tersimpan. Jika sidik jari tersebut sesuai dengan database sidik jari yang tersimpan, maka mesin mobil akan menyala dan mobil siap untuk digunakan.

References

Fingerprint Starter. Poly – Supreme Technology Co.Ltd. March 2012.

Company Introduction Bio Print Security. March 2012.

http://www.fbibiospecs.org/IAFIS /Default.aspx. Diakses tanggal 21 April 2012.

D. Putra. Sistem Biometrika: Konsep Dasar, Teknik Analisis Citra dan Tahapan Membangun Aplikasi Sistem Biometrika. Yogyakarta: Andi Publisher. 2009.

I.G.P.S. Wijaya, B. Kanata. Pengenalan Citra Sidik Jari Berbasis Transformasi Wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Teknik Elektro, vol.4, no.1. Maret 2004: 46-52.

E. Sediyono, Y. Nataliani, C.M. Rorimpandey. Klasifikasi Sidik Jari dengan Menggunakan Metode Wavelet Symlet. Jurnal Informatika, vol.5, no.2. November 2009: 16-35.

Minarni. Klasifikasi Sidik Jari Dengan Pemrosesan Awal Transformasi Wavelet. Jurnal Transmisi, vol.8, no.2. Desember 2004: 37-41.

C. Lu, H. Wang, Y. Liu. Fingerprint Classification Based on Support Vector Machine. IEEE International Joint Conference on Computational Sciences and Optimization. 2009: 859-862.

L. Boutella, A. Serir. Block Ridgelet and SVM Based Fingerprint Matching. IEEE EUVIP. 2011: 247-251.

L. Ji, Z. Yi. SVM-based Fingerprint Classification Using Orientation Field. IEEE Third International Conference on Natural Computation (ICNC). 2007.

R. Syam, M. Hariadi, M.H. Purnomo. Penentuan Nilai Standar Distorsi Berminyak Pada Akuisisi Citra Sidik Jari. Makata Teknologi, vol.15, no.1. April 2011: 55-62.

V.N. Vapnik. Statistical Learning Theory. Wiley, New York. 1998: 736.

C.W. Hsu, C.J. Lin. IEEE Trans Neural Networks. 13/4 2002: 415.

J. Wang, P. Neskovic, L.N. Cooper. Studies in Computational Intelligence 35. 2007: 61.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Teguh Arifianto, Sunaryo, S., & Silk Moonlight , L. . (2022). PENGGUNAAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) PADA TEKNOLOGI MOBIL MASA DEPAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 94–97. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.363

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.