SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT. TAKITA MANUFACTURING INDONESIA

Authors

  • Elmi Devia Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i1.1087

Keywords:

sistem pendukung keputusan, perekrutan, kriteria, simple additive weighting

Abstract

Penerimaan karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk memperoleh calon tenaga kerja baru dalam menduduki suatu jabatan. Pada sebagian perusahaan, proses perekrutan karyawan baru masih belum dilakukan secara professional. Hal ini terjadi karena tidak ada metode standar yang sistematis untuk menilai kelayakan pelamar. Aplikasi sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru yang dibangun menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak diterima sebagai karyawan baru berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat mempermudah dan mempercepat proses penyeleksian penerimaan karyawan baru dan membantu personalia divisi sumber daya manusia dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan baru di perusahaan.

References

M. S. P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

N. Nurmansyah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta, 2011.

O. C. Chidi, "Recruitment Practices and Performance of Unionised Organisations in the Food, Beverage and Tobacco Industry in Lagos State, Nigeria," Interdiscipline Journal of Contemporary Resourches In Business, vol. 5, no. 6, pp. 359-384, 2013.

D. A. Permana and R. Y. Dewantara , "Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web (Studi pada PT Sumber Abadi Bersama, Gondanglegi, Kabupaten Malang)," Junral Administrasi Bisnis (JAB), vol. 56, no. 1, pp. 20-28, 2018.

D. Meiastoko, K. Kertahardi and H. Susilo , "Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dalam Kegiatan Rekruitmen Karyawan (Studi pada PT Aneka Jasa Grhadika)," Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 6, no. 2, pp. 1-8, 2013.

A. B. Primahudi, F. A. Suciono and A. A. Widodo , "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting Di PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia," Jurnal Informatika merdeka pasuruan, vol. 1, no. 2, pp. 57-80, 2016.

E. Turban, Decision Support System and Intelligent System, Fifth Edition, New Jersey: Prentice Hall International, 2010.

H. G. Munthe, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting," , Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 2, pp. 52-58, 2013.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish., Yogyakarta: Deepublish, 2014.

A. Asnawati and I. Kanedi , "Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu," Jurnal Media Infotama, vol. 8, no. 1, pp. 118-137, 2012.

E. Kurniadi and D. Damhudi, "Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Menggunakan Metode MADM SAW (Studi Kasus : PT Surya Inti Ciremai-Kuningan)," JEJARING: Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 31-42, 2016.

Downloads

Published

2021-04-24

How to Cite

Devia, E. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT. TAKITA MANUFACTURING INDONESIA. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i1.1087

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.