APLIKASI SISTEM PENJUALAN MENGGUNAKAN TEKNIK DATA MINING DENGAN MARKET BASKET ANALYSIS DAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS PADA : JETLAG COFFEE)

Authors

  • Elmi Devia Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1085

Keywords:

algoritma apriori, market basket analysis, data mining, basis data

Abstract

Ketatnya persaingan dalam penjualan, membuat pemilik Jetlag Coffee harus jeli dalam menganalisa pasar. Selain itu, ketersediaan barang yang dijual menjadi salah satu faktor yang harus dianalisis agar kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Untuk mendukung hal tersebut, data penjualan sebelumnya dapat digunakan untuk menganalisis pasar dan kebutuhan pelanggan dengan market basket analysis. Penambahan algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi dalam data mining, algoritma apriori yang bertujuan untuk menemukan kumpulan item yang berjalan pada sekumpulan data. Berdasarkan hubungan tersebut, dimungkinkan untuk mempromosikan barang dengan pola keterikatan pada barang tersebut. Konsumen yang membeli produk akan tertarik untuk membeli produk yang berbeda dari yang biasanya dibeli oleh konsumen lain sebelumnya. Dengan menawarkan produk yang terdapat dalam pola penjualan produk tersebut. Dengan menggunakan analisis keranjang pasar dan metode algoritma apriori ini, diharapkan juga dapat mengoptimalkan basis data, meningkatkan penjualan, dan meminimalkan promosi produk yang memiliki tingkat penjualan rendah. Dengan meminimalisir promosi barang yang tidak terbeli maka konsumen tidak akan terganggu dengan promosi produk yang tidak memiliki pola keterikatan, sehingga promosi akan lebih efektif.

References

A. Novany and M. Safii, "Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan Produksi Daging Sapi di Pulau Sumatera Menggunakan Algoritma K-Means Clustering," in Prosiding SENATIKA, Pekanbaru, 2021.

Masnur, "Analisa Data Mining Menggunakan Market Basket Analysis untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen," J. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 32-40, 2015.

A. Alfiqra and F. Y. Alfiz,, "Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Proses KDD (Knowledge Discovery In Database) Sebagai Strategi Penjualan Produk Swalayan (Studi Kasus : Swalayan X)," in Prosiding IENACO, Solo, 2018.

A. W. O. Gama and I. K. G. D. Putra, "Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja," J. Teknologi Elektro, vol. 15, no. 2, pp. 27-32, 2016.

E. Umar, D. Manongga and A. Iriani, "Market Basket Analysis Menggunakan Association Rule dan Algoritma Apriori Pada Produk Penjualan Barang," J. MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 3, pp. 1367-1378, 2022.

M. Badrul, "Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan," J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 2, pp. 121-129, 2016.

I. F. Jannah and A. Mansyur, "Penerapan Algoritma Apriori Pada Strategi Penjualan Di Giant," J. KARISMATIKA, vol. 7, no. 1, pp. 1-10, 2021.

K. Handoko, "Penerapan Data Mining Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Kmeans Clustering ( Studi Kasus Di Program Studi Tkj Akademi Komunitas Solok Selatan," TEKNOSI, vol. 2, no. 3, pp. 31-40, 2016L

R. Rusnandi, S. Suparni and A. B. Pohan , "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Market Basket Dengan Algoritme Fp-Growth Pada Pd Pasar Tohaga," JANAPATI, vol. 9, no. 1, pp. 119-133, 2020.

A. Muzakir and L. Adha, "Market Basket Analysis (Mba) Pada Situs Web E-Commerce Zakiyah Collection," SIMETRIS, vol. 7, no. 2, pp. 459-466, 2016.

A. Icca, A. Z. Muhammad. and P. Utomo, "Penerapan FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas," Matrix, vol. 9, no. 1, pp. 32-40, 2019.

A. W. O. Gama, I. K. G. D. Putra and I. P. A. Bayupati, "Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja," Jurnal Teknologi Elektro, vol. 15, no. 2, pp. 27-32, 2016.

Downloads

Published

2021-08-27

How to Cite

Devia, E. (2021). APLIKASI SISTEM PENJUALAN MENGGUNAKAN TEKNIK DATA MINING DENGAN MARKET BASKET ANALYSIS DAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS PADA : JETLAG COFFEE). Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(2), 28–40. https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1085

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.