Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan Terbaik Berbasis Website Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Kabupaten Tangerang)

Authors

  • Dede Imana Universitas Pamulang
  • Joko Riyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i3.2639

Keywords:

Perumahan, SPK, Website, Weighted Product

Abstract

Banyaknya pilihan perumahan yang membuat investor merasa ragu dan kesulitan saat harus menentukan langsung rumah terbaik yang akan dibeli dan dijadikan sebuah investasi, dan tidak adanya sistem yang dapat membantu dalam memilih perumahan yang sebaiknya dibeli. Penelitian ini bertujuan agar mempermudah investor dalam memilih dan menentukan pembelian perumahan terbaik di wilayah kabupaten Tangerang, metode pengumpulan yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini memanfaatkan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) yang dapat digunakan baik itu perorangan, organisasi, maupun perusahaan agar dapat mendapatkan hasil keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif (pilihan). Sistem tersebut memberikan hasil akhir yang tepat dan akurat. Untuk memaksimalkan Sistem Penunjang Keputusan dalam memilih perumahan, peneliti menggunakan metode Weighted Product (WP), yang dapat menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif terbaik, Perhitungan yang dilakukan akan sesuai apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Weighted Product (WP) dalam Sistem Penunjang Keputusan pemilihan perumahan dapat memberikan rekomendasi alternatif perumahan yang dapat membantu calon pembeli dalam mengambil keputusan yang lebih baik.

References

Alinda, S. N., Setiawan, A. Y., & Sudrajat, A. (2021). Alih Fungsi Lahan dari Sawah Menjadi Perumahan di Kampung Gumuruh Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. GEOAREA| Jurnal Geografi, 4(2), 55-67.

Kurniawati, D., Arhami, M., & Husaini, H. (2019). Penggunaan Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pembelian Rumah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, 3(1).

Mahendra, I., & Putri, P. K. (2019). Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah Di Kota Tangerang. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 36-40.

Mardin, M. L., Fuad, A., & Sirajuddin, H. K. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 4(2), 112-121.

Mirawati, M., Hikmah, A. B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 490784.

Nurelasari, E., & Purwaningsih, E. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Terbaik Dengan Metode TOPSIS. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 8(4), 317-321.

Saputra, A. Y., & Mawartika, Y. E. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Perumahan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique. Cogito Smart Journal, 5(1), 35-44.

Susanti, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penyeleksian Konsumen Terbaik dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1).

Utomo, S., & Mardiono, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Pada Perumahan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1).

Yanto, R., & Apriadi, D. (2019). Penerapan Metode Weighted Product untuk Seleksi Kelayakan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Telematika Vol, 1(1).

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Imana, D., & Riyanto, J. . (2023). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan Terbaik Berbasis Website Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Kabupaten Tangerang). Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(3), 30–37. https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i3.2639

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.