ANALISIS SWOT BUMDES DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN

Authors

  • Hasan Muzaki Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.2528

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Bumdes.

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pemasaran daripada produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Wilayah Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.

Metode penelitian merupakan prinsip dan prosedur yang digunakan untuk mendekati masalah dan mencari data penelitian. Sedangkan metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu pendekatan umum untuk mengkaji topik penelitian. Terkait dengan metode penelitian, maka penulis menggunakan jenis metode (pendekatan) deskripsi-kualitatif untuk mengkaji dan menelaah permasalahan dalam penelitian ini

Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa dalam menentukan sebuah strategi pemasaran perlu dipertimbangkan berbagai faktor pendukung, makanya peneliti menggunakan analisis SWOT secara keseluruhan baru kemudian menarik sebuah kesimpulan tentang strategi pemasaran.  Secara umum strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh bumdes adalah mengoptimalkan peluang kerjasama dengan pemerintah setempat dalam memenuhi kebutuhan operasional pemerintah desa dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada msyarakat dan melaksanakan kegiatan pembangunan. Selanjutnya adalah mengoptimalkan produk lokal  untuk menjadi Brandname dari pada produk Bumdes sehingga tercipta sinergitas perekonomian antara bumdes dengan usaha setempat. Kesimpulan terahir adalah memaksimalkan kerjasama dengan jaringan bumdes baik skala lokal maupun nasional, karena jaringa ini telah difasilitasi oleh pemerintah..

References

Alma, Buchari. 2016.”Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. 2015.”Pengantar Manajemen”. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Assauri, Sofjan, 1999, Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2008 Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUL.

Assauri, Sofjan. 2013.”Manajemen Pemasaran”. Jakarta : Rajawali Pers.

David, Fred R, 2011.Manajemen strategi : Konsep. Jakarta : Salemba Empat. Gitosudarmo, H.

Hermawan Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran, Erlangga.

Indriyo M, com (Hens), 2001.Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Kottler, Philip. 2002, Manajemen Pemasaran. Prenhalindo, Jakarta

Manap, H. Abdul. 2016.Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

P. Josep Cannon, PH., Pemasaran Dasar, (Cet: Jakarta Salemba Empat)

Rangkuti, Freddy. (2017).”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta : Penerbit

Robbins, P. Stephen dan Mary Coulter. 2010.”Manajemen”, diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. Erlangga:Jakarta.

Salusu, J. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi nonprofit.Jakarta : Grasindo.

Siagian P, Sondang. 2004. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara

Silalahi, U. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumihardjo, Tumar. 2008. Daya Saing Besbasis Potensi Daerah. Bandung : Fokusmedia.

Tjiptono, Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Malang: Banyumedia.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra, dan Dadi Adriana.(2008).Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Winartha, I. M. 2006.”Metodologi Penelitiaan Sosial Ekonomi”. Andi. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Hasan Muzaki. (2022). ANALISIS SWOT BUMDES DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN . Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.2528

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.