ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA MAMI HOTEL
DOI:
https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i3.642Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, HotelAbstract
Abstract
One of the most promising businesses in the service sector is the hospitality sector. To attract potential customers, the management must strive to create a good, effective and efficient marketing strategy. The purpose of the study is to analyze the marketing strategy carried out by Mami Hotel to face competitors. The research is descriptive qualitative. The population is the management and customers, in this case guests who have stayed at the Mami Hotel. The samples are Sales Executive, Senior Human Resource Office, and visitors. observation and interview techniques are data collection techniques using SWOT analysis as an analytical tool to formulate strategies based on internal and external factors
The results obtained are the position on the Cartecius Mami Hotel diagram in the cell I position by using an aggressive strategy, namely the strategy of superiority (low) tariffs can increase the number of visits. This means that Mami Hotel has the opportunity and has the power to seize the opportunities that exist. Mami Hotel's position is seen from the internal external matrix in cell I, which is in a developing position or vertical integration means a very strong moment in facing competitive market share and having competitiveness
Keywords : Marketing Strategy, SWOT Analysis, Hotel
ABSTRAK
Bisnis dibidang jasa salah satu yang menjanjikan adalah bidang perhotelan. Untuk menarik minat calon pelanggan pihak manajemen harus berupaya keras menciptakan strategi pemasaran yang baik, efektif dan efisien. Tujuan penelitian menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Mami Hotel untuk menghadapi competitor. Penelitian bersifat kuanlitatif deskriptif. Populasi adalah pihak-pihak manajemen dan pelanggan dalam hal ini tamu yang pernah menginap di Mami Hotel. Sampel adalah yaitu Sales Executive, Senior Human Resource Office, dan pengunjung. teknik observasi dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data menggunakan analisis SWOT merupaka alat analisis untuk merumuskan strategi berdasarkan faktor internal maupun eksternal
Hasil yang diperoleh posisi pada Diagram Cartecius Mami Hotelpada posisi sel I dengan menggunakan strategi agresif, yaitu dengan strategi keunggulan tarif (rendah) dapat meningkatkan jumlah kunjungan. Artinya Mami Hotel memperoleh peluang serta memiliki kekuatan untuk mendapatkan peluang yang ada. Posisi Mami Hotel dilihat matrik internal eksternal pada sel I yaitu pada posisi sedang berkembang atau integrasi vertikal berarti saat yang sangat kuat dalam menghadapi kompetitif pangsa pasar dan memiliki daya saing
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, HotelDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Amirullah. 2015. Manajemen Strategi: Teori-Konsep-Kinerja. Malang. Mitra Wacana Media.
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran, Dasar konsep dan Strategi. Jakarta:
Rajawali Pers
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Mashuri dan Dwi Nurjannah. 2020. Analisis SWOT sebagai Strategi meningkatkan Daya Saing (Studi pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah. April 2020 Vol. 1, No 1: 97-112
Nisak Zuhrotun. 2013. Analisis SWOT untuk menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal ekonomi 4
.
Rangkuti. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT.Gramedia Pustaka Utama.
Robbins SP, dan Judge. 2014. Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Salemba empat