EVALUASI FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB PINJAMAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK BTN KC MAGELANG TIDAK DAPAT CAIR ATAU GAGAL

Authors

  • Eminawati Universitas Tidar , Magelang, Indonesia
  • Ayunda Putri Nilasari Universitas Tidar , Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.177

Keywords:

KPR, Kriteria, Pencairan

Abstract

Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan dalam latar belakang diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana prosedur, syarat dalam pengajuan (KPR) dan penyebab yang mengakibatkan dana pinjaman KPR tidak dapat cair atau gagal. selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemberian KPR dan mengetahui solusi yang dapat diambil dalam penyelesaiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data dan informasi untuk penelitian ini menggunkan teknik deskriptif. Teknik pengumpulkan secara deskriptif merupakan Teknik pengumpulan data dan informasi yang bersifat uraian atau penjelasan dari hasil wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari analisis secara kualitatif akan diuraikan dan dijabarakan dengan kalimat dalam bentuk deskriptif. Analisis data secara kualitatif (Firman, 2015) adalah analisis data proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis catatan lapangan yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi informasi yang didapat dan diolah agar peneliti dapat menghasilkan laporan penelitian. Teknik Analis Data Teknik analisis data dan informasi dalam penelitian ini dengan berbagai cara yaitu sebagai berikut ini: Wawancara, Observasi. Penyebab pinjaman kredit pemilikan rumah ditolak dan tidak dapat cair Dalam pinjaman KPR ini ada beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh bank sebagai penyedia dana. Apabila tidak memenuhi kriteria tersebut berakibat dalam pencairan dana bahkan dapat mengakibatkan pinjaman yang diajukan ditolak atau tidak dapat cair. Ada beberapa hal yang menyebabkan pinjaman kredit pemilikan rumah tidak dapat cair yaitu: Kemampuan bayar angsuran, Karakter/ Riwayat kredit, Hunian/ rumah yang akan dibeli berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Bank Tabungan Negara Cabang Magelang yang berkaitan dengan salah satu produk bank tersebut yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maka dapat ditarik kesimpulan  Sebelum dana pemberian kredit pemilikan rumah dapat disetujui oleh bank, maka nasabah sebagai pihak yang mengajukan pinjaman ke bank harus memenuhi kriteria/spesifikasi yang telah ditentukan oleh bank. salah satu kriteria tersebut adalah pengajuan berkas yang diperlukan.

 

 

References

Alanshari, F., & Marlius, D. (2018). Prosedur Pemberian Kredit KPR Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Bukittinggi. Akademi Keuangan Dan Perbankan Padang, 2014, 1–11.

Cattleyana, D., & Nur Holis, M. (2020). Modul bank dan lembaga keuangan lain. 1–72.

Dan, B., & Keuangan, L. (n.d.). Konsep Produk Kredit Pada Perbankan Pembahasan.

Firman. (2015). Analisis Data Dalam Kualitatif. Article, 4, 1–13.

Kpr, R., & Bank, P. (2013). Jurnal Ilmiah “Advokasi” Vol. 01. No. 01. Maret 2013 1. 01(01).

Raharjo, A. W., & Elida, T. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia.

Saryanti, S., & Sudrajat, Y. (2020). Prosedur Pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk Kantor Cabang Subang. The World of Financial Administration Journal, 1(2), 85–100.

Satria, M. R. (2018). Analisis Perbandingan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Pada Bank Konvensional Dengan Pembiayaan Murabahah (Kpr) Pada Bank Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 105–118.

Takalamingan, H. F., Saerang, D. P. E., & Kalalo, M. Y. B. (2018). Analisis Penerapan Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Subsidi Pada Bank Tabungan Negara Cabang Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(1), 830–840.

(Al-Hafiz et al., 2017)Al-Hafiz, N. W., Mesran, & Suginam. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), I(1), 306–309.

Takalamingan, H. F., Saerang, D. P. E., & Kalalo, M. Y. B. (2018). Analisis Penerapan Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Subsidi Pada Bank Tabungan Negara Cabang Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(1), 830–840.

(Takalamingan et al., 2018)Al-Hafiz, N. W., Mesran, & Suginam. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), I(1), 306–309.

Takalamingan, H. F., Saerang, D. P. E., & Kalalo, M. Y. B. (2018). Analisis Penerapan Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Subsidi Pada Bank Tabungan Negara Cabang Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(1), 830–840.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Eminawati, & Ayunda Putri Nilasari. (2022). EVALUASI FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB PINJAMAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK BTN KC MAGELANG TIDAK DAPAT CAIR ATAU GAGAL. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 32–44. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.177