KAJIAN KINERJA KEUANGAN RS TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO PRA DAN PASCA BLUD

Authors

  • Fibriyanti S. Lakoro Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Sukrianto Universitas Bina Mandiri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i1.821

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui kajian kinerja keuangan Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo pra dan pasca BLUD.

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan strategi metode campuran (mixed method) yang menggabungkan data kuantitatif dan data kualitatif dalam satu waktu dengan data kuantitatif sebagai metode primer yang memandu penelitian dan metode sekunder berupa wawancara sebagai data yang ditancapkan kedalam metode kuantitatif yang lebih dominan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini dilakukan dengan cara analisis deskriptif rasio-rasio keuangan yang digunakan untuk menganalisis kinerja rumah sakit periode tahun 2014-2019.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas dan efisiensi Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo dalam pengelolaan keuangan pra dan pasca BLUD. Untuk semua perhitungan rasio keuangan sudah sangat efektif dan efisien, sehingga dapat membantu kemampuan Rumah Sakit Tani dan Nelayan memenuhi kewajiban lancar dengan menggunakan asset lancar dan pendapatan serta belanja yang dimiliki lebih bagus dari sebelumnya, bahkan dengan menggunakan asset yang paling liquid yakni kas juga menunjukkan hal yang sama. Bahkan pada rasio keungan saat pra BLUD dan pasca BLUD dilaksanakan, menunjukkan bahwa rumah sakit mampu menghasilkan pendapatan dibandingkan sebelumnya yang mengalami kerugian ditandai dari nilai rasio yang negatif.

Downloads

Published

2021-04-19

How to Cite

Fibriyanti S. Lakoro, & Sukrianto. (2021). KAJIAN KINERJA KEUANGAN RS TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO PRA DAN PASCA BLUD . Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 73–84. https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i1.821

Issue

Section

Articles