PERAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PERSONAL BRANDING DALAM BUYING DECISION PADA KONSUMEN E-COMMERCE

Authors

  • Nika Sintesa Politeknik LP3I Jakarta
  • Enny Diah Astuti Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.104

Keywords:

personal branding, dari mulut ke mulut, keputusan pembelian

Abstract

Di era digitalisasi untuk menghadapi era tersebut semua SDM diwajibkan untuk selalu melakukan perubahan perubahan guna bisa mengikuti perkembangan yang ada, yaitu dengan cara melakukan pengembangan SDM.  Saat ini pengembangan SDM merupkan salah satu yang wajib dibenahi yaitu salah satunya tentang kemampuan  komunikasi  baik secara verbal maupun non verbal serta pengembangan diri secara konseptual yang dapat mengubah menjadi sebuah kompetetif di fase industri revolusi 5.0 sehingga dapat menjadi pribadi yang sukses di masa yang akan datang dan bisa bersaing dengan perubahan zaman yang terjadi. Setiap individu atau setiap orang mempunyai keunikan atau unik selling ataupun mempunyai keunikan terhadap dirinya sendiri.Personal branding merupakan citra yang dimiliki seseorang kepada masyarakat, dimana zaman sekarang dengan semakin banyak dan maraknya media online , media sosial yang bisa diakses siapapun, kapanpun dan dimanapun,sehingga banyak orang yang melakukan atau melakukan cyber public relations sekaligus sebagai personal branding termasuk praktisi komunikasi demi menunjang perkembangan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen serta kompetensi yang menjadi kekuatan dari setiap bisnis,  kendala yang dihadapi, peran penting personal branding dalam perkembangan bisnis. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara dan observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi personal branding diantaranya komponen pendorong dengan memaksimalkan fitur, kompetensi yang dijadikan kekuatan dalam menghadapi kompetitor dengan personal branding dominan, personal branding berperan untuk promosi diri, mencari pekerjaan, networking profesional, referensi penilaian profesional, serta perkembangan karir di masa datang ataupun dalam berbisnis. Dalam melakukan usaha pemasaran yang baik untuk menarik buying decision konsumen adalah dengan cara memperhatikan personal branding, social media marketing dan word of mouth atau mulut ke mulut. Dengan semakin meningkatnya buying decision terutama yang ditujukan pada konsumen E-Commerce.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Sintesa, N., & Diah Astuti, E. . (2022). PERAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PERSONAL BRANDING DALAM BUYING DECISION PADA KONSUMEN E-COMMERCE. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.104

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.