ANALISIS INOVASI DAN KUALITAS PRODUK PADA USAHA BATIK DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2350Keywords:
Inovasi, Kualitas produk, Batik JambiAbstract
Inovasi merupakan pendorong kompetisi untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan dan penciptaan nilai tambah dari suatu produk. Sedangkan kualitas produk adalah salah satu faktor utama yang harus ada didalam suatu produk agar produk tersebut bernilai sesuai dengan tujuan produksi. Inovasi dan kualitas produk merupakan faktor penentu dalam keberhasilan usaha, karena konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang inovatif dan berkualitas terutaman pada produk batik Jambi. Dengan digalakkannya para pengusaha batik yang menciptakan suatu inovasi baru dari sebuah produk batik Jambi, maka setiap 9 pengusaha batik yang ada di Kecamatan Danau Teluk dan Pelayangan Kota Jambi tersebut dapat menciptakan peluang dalam membuat suatu inovasi baru serta mempertahankan kualitas produk dari batik Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang inovasi dan kualitas produk yang di ada di setiap 9 pengusaha batik yang peneliti wawancarai dan melalui pengamatan baik dari segi pengembangan inovasi lanjut serta kendala yang di hadapi. Pada penelitian ini metode yang digunakan kualitatif dengan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dan kualitas produk sangat berkaitan erat bagi setiap pengusaha karena masing-masing dari setiap pengusaha tersebut hampir sama-sama mempunyai kendala SDM, modal dan bahan baku serta faktor cuaca.
Downloads
References
Ade Octavia, Erida, Ade Titi Nifita. “Analisis Persepsi Konsumen Tentang Posisi Kompetitif Produk Batik Jambi dan Batik Jawa.” 2013.
Armanto, Nuruddin. Kompetitif Bisnis Kerajinan Batik (Studi Kasus: Inovasi Produksi dan Pengembangan Pemasaran Batik Khas di Kota Probolinggo). Vol 1. No. 1. Juni 2015.
Departemen Pendidikan Kebudayaan Provinsi Jambi. Wujudkan Industri. Jambi 2015.
Eko Waluyo, dkk. “Inovasi dan Pengembangan Produk Pangan”, (November 2021).
Erni Yuningsih, Endang Silaningsih, “Manajemen Bisnis dan Inovasi”, (November 2020).
Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2018).
Marthala, Efi Agusti. “Kreatifitas dan Inovatif Batik Dengan Ragam Hias Minangkabau: Menumbuhkan Sikap Intreprener Pada Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan”. Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, 2009.
Masrufah, Emilia. “Analisis Kualitas Produk Dalam Menjaga Kepercayaan Konsumen Indah Bordir Sidoarjo”. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.
Setiawan, Iwan. Agribisnis Kreatif “Pilar Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau”. Jakarta 2012.
Sopini, Pupu, “Analisis Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian Batik pada UKM An Nisa di Kota Jambi”, (Oktober 2019).
Sulistiyani. “Penyuluhan Inovasi Produk Pada Usaha Batik Tapak Dara di Kota Semarang”. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Indonesia. Jurnal Pengabdian Mandiri, (Vol. 1, No. 8. Agustus 2022).
Widiya. Kreativitas Dan Inovasi Produk Industri Kreatif. Malang : STIE, 2018.