PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG KIMIA BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN METODE SDLC (System Development Life Cycle)

Authors

  • Supriyanto Universitas STEKOM
  • Sri Handoko

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.5

Keywords:

sistem, barang kimia, penjualan, pembelian, multiuser

Abstract

PT. Multindo Kimia Farma Indonesia merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan barang kimia yang memiliki dua buah gudang yaitu gudang yang terletak di jalan Sidodadi Timur No. 20 dan gudang yang terletak di jalan Raya Kawasan Industri  II No. 30. Sistem penginputan penjualan dan pembelian barang kimia masih bersifat single user. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah resiko keterlambatan dalam pelaporan laporan penjualan dan pembelian barang kimia dan data yang diberikan oleh bagian pembelian kepada bagian faktur tidak up to date serta bagian marketing yang kesulitan dalam menentukan harga barang kimia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengurangi resiko keterlambatan pelaporan laporan penjualan dan pembelian barang kimia dan menghemat waktu dalam penginputan data penjualan dan pembelian serta bagian marketing dapat mengetahui stok dan harga barang saat ini. Metode penelitian yang dipakai adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi perencanaan, analisis, perancangan, penerapan dan penggunaan. Sistem yang baru dibuat menggunakan database MySQL Server 5.1 dan Microsoft Visual FoxPro 9.0. Sistem informasi berbasis multiuser diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja karena lebih efektif dan efisien karena dapat diakses oleh banyak pihak yang berkepentingan tanpa dibatasi jarak dan waktu.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Supriyanto, & Handoko, S. . (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG KIMIA BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN METODE SDLC (System Development Life Cycle). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(3), 41–50. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.5

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.