Pengaruh Fasilitas Laboratorium Dan Kualitas Lulusan Terhadap Keputusan Kuliah Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas BTH 2022/2023

Authors

  • Rendy Sudirman Universitas BTH
  • Heru Kurniawan Universitas BTH

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2414

Keywords:

Bukti Fisik, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang terjadi pada mahasiswa baru program studi unggulan Universitas BTH. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah variabel bukti fisik diteliti melalui fasilitas laboratorium sementara kualitas produk diwakili oleh kualitas lulusan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bersifat asosiatif kausal. Data yang diperoleh berasal dari kuesioner data ordinal menggunakan skala likert terhadap mahasiswa program studi farmasi tingkat 1 tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 264 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah melalui hasil uji t yang menunjukkan nilai thitung (1,058) < ttabel (1,666). Sementara kualitas lulusan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah yang ditunjukkan dengan nilai thitung (5,575) > nilai ttabel (1,666). Namun, secara simultan variabel fasilitas laboratorium dan kualitas lulusan berpengaruh terhadap keputusan kuliah yang ditunjukkan melalui Fhitung (22,649) > Ftabel (3,12).

References

Agus Budiman dan Fachrudy Asj’ari. 2021. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Calon Pengantin Menggunakan Jasa Wedding Organizer Pada Pameran Wedding Royal Plaza Surabaya (2019). Journal of Sustainability Business Research. ISSN: 2746-8607

Ahmad Rivai. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Physical Evidence, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Matahari Department Store Makassar. UIN Alauddin Makassar

Amalia Ramadhanti. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis. ISSN: 2355-5408.

Anissah Balqis Anggraini dan Saino. 2022. Pengaruh Harga, Physical Evidence, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol. 10 No. 1. P-ISSN 2337-6078

Arum Puspa Arini. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket KOPMA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol. 5 No. 6.

Gita Prihatiningtyas dan Uswatun Chasanah. 2022. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Vol 9 No 2. ISSN: 2355-9381

Khairina AR. 2016. Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Hotel Harun Square Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis. ISSN: 2338-2864.

Khairina AR. 2016. Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Hotel Harun Square Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis Vol 5 No 2. ISSN: 2338-2864

Lily Suhaily dan Syarief Darmono. 2017. Effect of Product Quality, Perceived Price, And Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brand Electronic Product). Jurnal Manajemen Vol. 21 No. 2.

Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Premium Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT Prenhallindo.

Philip, Kotler & K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. Jakarta: Gramedia

Philip, Kotler & K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Silvia Sari Sitompul. 2020. Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi, Bukti Fisik, Orang, Proses Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Central Bearindo International Pekanbaru. Management Studies And Entrepreneurship Journal Vol 1 No 2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Valarie A. Zeithaml, Mary Jo Bitner & Dwayne D. Gremler. 2013. Service Marketing. The McGraw-Hill International Edition

Vina Handayani dan Yayu Rahayu. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Luxio (Studi Kasus Pada Tunas Daihatsu Ahmad Yani Bandung). Jurnal Sains Manajemen Vol. 2 No. 2. E-ISSN: 2685-6972

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Sudirman, R., & Kurniawan, H. . (2023). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Dan Kualitas Lulusan Terhadap Keputusan Kuliah Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas BTH 2022/2023. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2414

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.