Pengembangan Aplikasi Dompet Pintar Berbasis Strategi Saintifik Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi

Authors

  • Rizki Ilman Mubaroqah IKIP PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1147

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, aplikasi dompet pintar, kemampuan komunikasi matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi dompet pintar berbasis strategi saintifik learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi  yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan 4D, yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu define (definisi), design (perancangan), development (pengembangan), tanpa menggunakan tahap keempat yaitu disseminate (penyebaran), karena hal ini merujuk kepada tujuan awal dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media yang valid, praktis dan efektif yang terdapat pada langkah  ketiga pengembangan  model ini yaitu development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Sengah Temila dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal pre-test post test. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi aplikasi dompet pintar berbasis strategi saintifik learning yaitu dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 85,416% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dam siswa diperoleh persentase sebesar 83,93% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan merujuk pada skala likert. Artinya, terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam kemampuan komunikasi matematis, sehingga aplikasi dompet pintar dikatogerikan efektif. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi dompet pintar berbasis strategi saintifik learning terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi di SMPN 8 Sengah Temila tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

 

 

References

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and development.Bandung: Alfabeta.

Utari, S. Y. (2014). Pengembangan Media E-Book Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X Di SMA Negeri 2 Padang Panjang.Tessis. Surakarta.

Wahyuni, H (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Nulat Di Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Ambawang. Skripsi Pada FKIP-UNTAN Pontianak: Tidak Diterbitkan

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Rizki Ilman Mubaroqah, Iwit Prihatin, & Muhamad Firdaus. (2023). Pengembangan Aplikasi Dompet Pintar Berbasis Strategi Saintifik Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Creative Student Research, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1147

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.