UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KOMPONEN PENYUSUN DARAH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS 5 SD PERMATA TEGAL ALUR
DOI:
https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.715Keywords:
Hasil belajar, IPA, Diskusi KelompokAbstract
Abstrak (Bahasa Indonesia)
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut pengembangan kemampuan peserta didik sekolah dasar dalam bidang ilmu pengetahuan, diantaranya adalah Ilmu Pengetahaun Alam. Melatih keterampilan peserta didik untuk berpikir secara aktif, kreatif dan inovatif melalui IPA merupakan pelatihan awal bagi keaktifan peserta didik untuk berpikir kritis dalam mengembangkan daya cipta dan minat peserta didik sejak dini kepada alam sekitarnya. Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada kompetensi guru dan peserta didik sehingga lebih bermakna apabila menggunakan media dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun tujuan laporan ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SD Permata pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Penyusun Darah Manusia Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Pelaksanaan penelitian ini dibagi atas tiga Siklus. Dari hasil pengamatan diperoleh data grafik persentase hasil belajar kelas 5 SD Permata pada mata pelajaran IPA materi komponen penyusun darah manusia mengalami peningkatan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Permata pada mata pelajaran IPA materi komponen penyusun darah manusia.
Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Diskusi Kelompok