PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS MULTIUSER DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Mutiara Anggita Saputri Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.48

Keywords:

Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak, Sistem Informasi Berbasis Multiuser

Abstract

Tujuan dari Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Multiuser pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak ini adalah membatu petugas perpustakaan dalam mengelola data buku, data anggota, data peminjaman data pengembalian dan laporan yang dilakukan oleh petugas perpustakaan yang sudah terkomputerisasi tetapi masih single user dan sekarang menjadi terkomputerisasi dan berbasis multiuser.

Sistem yang berjalan saat ini pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak yaitu database yang digunakan terkadang masih error pada saat petugas menginput transaksi peminjaman maupun pengembalian, karena data yang di input tidak bisa tersimpan di database. Anggota perpustakaan kesulitan saat melihat semua koleksi buku yang ada di perpustakaan karena belum tersediannya pencarian buku yang memadai. Laporan yang di sampaikan oleh petugas kurang efisien sehingga kepala perpustakaan kurang jelas dalam penyampaian laporannya.

Dengan adanya perancangan aplikasi sistem informasi perpustakaan berbasis multiuser ini dapat meningkatkan mutu dan kinerja di perpustakaan ini. Metodologi yang digunakan pada Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Multiuser ini adalah Metode Penelitian dan Pengembangan R&D (Research And Development).

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Mutiara Anggita Saputri. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS MULTIUSER DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN DEMAK. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 01–17. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.48

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.