PENGEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN PENDETEKSI GERAK DENGAN METODE BACKGROUND SUBTRACTION DI DINHUBKOMINFO DEMAK

Authors

  • Danang Satrio L Universitas STEKOM
  • Yuzika Stefani Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.49

Keywords:

Sistem Absensi, Karyawan, Visual Basic, Fingerprint

Abstract

Sistem pengamanan pada suatu gedung instansi atau perusahaan saat inibanyak yang menggunakan sistem kamera. Dengan sistem ini akan lebih membantu para petugas keamanan, kerja menjadi lebih mudah dan efisien terhadap jarak. Jika pengamanan masih dilakukan secara manual maka petugas akan lebih banyak dan pengawasan menjadi kurang efisien terhadap jarak dan kepekaan bila terjadi suatu kejanggalan pada salah satu area di instansi atau perusahaan tersebut. Dalam perspektif islam sebagian ulama memperbolehkan penggunaan kamera keamanan selama digunakan pada hal-hal yang positif.

                Banyak metode dan teknik yang digunakan dalam sistem pengamanan dengan menggunakan sistem kamera ini, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik pengolahan citra atau sering di sebut image processing. Metode yang digunakan adalah deteksi gerakan dengan background subtraction. Metode ini mampu mendeteksi perbedaaan nilai RGB (red, green, blue) di setiap titik pixel pada suatu citra atau gambar digital. Keadaan inilah yang dimanfaatkan untuk di aplikasikan menjadi suatu sistem keamanan. Untuk mendapatkan nilai RGB yang lebih besar maka obyek yang ditangkap oleh kamera harus bercahaya. Dengan nilai RGB yang semakin besar maka pendeteksian gerakan akan lebih mudah. Pendeteksian gerakan dinyatakan aktif jika alarm telah berbunyi.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Danang Satrio L, & Yuzika Stefani. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN PENDETEKSI GERAK DENGAN METODE BACKGROUND SUBTRACTION DI DINHUBKOMINFO DEMAK. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 18–31. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.49

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.