Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphonemerek Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan)

Authors

  • Mayori Akbar Siregar Universitas Potensi Utama
  • Nahar Maganda Saragih Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1167

Keywords:

Gaya Hidup, Harga, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah sebuah pendekatan masalah pada kegiatan manusia untuk membeli suatu barang atau jasa dalam memenuhi keinginan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada Mahasiswa Manajemen Potensi Utama. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada Mahasiswa Manajemen Potensi Utama. Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada Mahasiswa Manajemen Potensi Utama. Untuk mengetahui gaya hidup, harga, citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada Mahasiswa Manajemen Potensi Utama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda atau statistik deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For Windows. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Secara parsial harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Secara parsial citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,198. Gaya hidup, harga dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.

 

 

References

Fahira, S., Hartati, T., & Amir, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Maskara Maybelline (Studi Kasus Pada Mahasiswi Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram, 16(2), 205-210.

Pandu, S. D. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogjakarta, 4(12).

Panjaitan, N. M. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Merek iPhone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia di Kota Medan.

Pamungkas, G. A., & Ratmono, R. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek, Preferensi Merek Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Zoya Di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Di IAIN Metro). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(3), 595-611.

Riyanti, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 1-7.

Setyaningsih, D. K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Di Wonosobo). Journal Of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2),

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Cakrawala Repositori IMWI, 3(1), 1-10.

Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME: Journal of Management, 4(2).

Wijaya, E., Hafni, L., & Chandra, S. (2021). Gaya Hidup, Inovasi Produk, Harga, Dan Citra Merek: Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 244-252.

Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.

Wolff, M., Tumbuan, W. J. A., & Lintong, D. C. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal Emba:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1).

Website:

https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/128521/penjualan-iphone-capai-242-juta-unit-pada-2021 (diakses pada tanggal 23 juni 2022)

Https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/134591/bukan-iphone-ini-merek-smartphone-paling-favorit-di-indonesia

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Mayori Akbar Siregar, & Nahar Maganda Saragih. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphonemerek Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan). Journal of Creative Student Research, 1(1), 392–401. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1167

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.