Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Era Digital

Authors

  • Putri Andhini Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Maya Dewi Kurnia Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Jaja Jaja Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.644

Keywords:

Google Classroom, media pembelajaran, era digital

Abstract

Era digital yaitu zaman dimana segala sesuatu serba digital. Adanya teknologi digital seseorang tidak harus seperti dahulu saat menghubungkan dan dihubungkan,Seseorang juga  dapat memanfaatkan teknologi di era digital untuk membuat perkembangan kreativitas, menemukan ide ide, imajinasi dan daya nalar dalam membuat suatu karya melalui konten digital, lalu di era digital juga mempunyai tantangan dalam mencari ilmu pengetahuan secara berkaitan dan harus saling meliputi banyak hal,tujuan dari penelitian ini yaitu mengenalkan aplikasi belajar digital kepada peserta didik dan mahsiswa agar selalu terus berkembang dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode tidak langsung ini maksudnya ialah mengumpulkan data-data maupun informasi yang terkait seperti mempelajari   buku-buku pustaka atau artikel yang berasal dari media internet dengan bentuk kegiatan telaah kepustakaan, data penelitian ini berupa data sekunder yang relevan  dengan topik pembahasan seperti era digital, google classroom dan media pembelajaran dalam mata kuliah keterampilan menulis, data bersumber dari buku terbitan Indonesia,serta artikel hasil penelitian yang sudah nasional. Penggunaan Google Classroom di era digital sebagai media pembelajaran antara lain dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung, dan menuntut peserta didik agar lebih mengenal aplikasi aplikasi belajar dalam media daring. Penggunaan Google Classroom dimungkinkan dengan cara yang ditunjukkan di bawah ini:1)Unduh aplikasi Google Classroom.2) Setelah membuka aplikasi Google Classroom Masukkan alamat email akun Classroom Anda, lalu klik Berikutnya. Masukkan sandi, lalu klik Berikutnya. Jika ada pesan selamat datang, tinjau pesan tersebut, lalu klik Terima.3) Setelah register pada google classroom, guru bisa membuat kelas untuk peserta didik atau mahasiswa.4)langkah terakhir guru bisa membuat kode kelas untuk memulai pembelajaran. bahwa Google Clasroom sangat berguna untuk proses pembelajran di era digital untuk menambah wawasan digital pada mahasiswa dan peserta didik serta mempermudah guru atau dosen untuk mengelola pembelajaran, dan diharapkan bahwa aplikasi google classroom dapat membuat peserta didik atau mahasiswa bisa belajar melewati aplikasi digital dan dapat  meningkatkan semangat peserta didik atau mahasiswa dalam melewati proses pembelajaran.

                                                                               

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Arsyad,A.2011,Media pembelajaran,Jakarta:PT Raja grafindo persada

Fauziya,S.D.(2014).Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Massa dalam Implementasi Kurikulum 2013,Mataram:Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra dalam Era Teknologi

Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitas komunikasi google classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa ilmu komunikai Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24-35.https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hartono, H. (2018). Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius 28: 19-20 Dalam Konteks Era Digital. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 4(2), 157-166 https://doi.org/10.30995/kur.v4i2.87

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902

Jalintls,N. Ambiyar,A.(2016). Media& sumber pembelajaran, Jakarta:Kencana

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurpratiwiningsih, L. (2021). Pembelajaran google classroom bagi mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol, 7(2). https://doi.org10.26740/jrpd

Oktarina, S., Hakim, N., & Zainal, A. G. (2019). Persepsi Petani terhadap Strategi Komunikasi Penyuluh dalam Pemanfaatan Media Informasi di Era Digital. jurnal komunikasi pembangunan, 17(2), 216-226. https://doi.org/10.46937/17201926852

Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. In Seminar Nasional LP2M UNM. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256

Sagita, M., & Nisa, K. (2019). Pemanfaatan e-Learning bagi para pendidik di era digital 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35-41. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.169

Sengkey, D. F., Sambul, A. M., & Paturusi, S. D. (2019). Penilaian Mahasiswa terhadap Jenis Media Pembelajaran dalam Penerapan Flipped Classroom. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 8(2), 103-110. https://doi.org/10.35793/jtek.8.2.2019.25029

Sewang, A. (2017). Keberterimaan Google Classroom sebagai alternatif Peningkatan Mutu di IAI DDI Polewali Mandar. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 1(1), 35-46. https://doi.org/10.36915/jpi.v1i1.34

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 65-80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799

Suryaman,M.2010,MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA,D.I.Y Jogjakarta:Workshop Pengembangan Kompetensi Guru (FBS UNY)

Susilana,R. Riyana,C.(2008)Media pembelajaran, hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian,Bandung: CV wacana prima

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2).https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman nature of science (NoS) di era digital: perspektif dari mahasiswa PGSD. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 1-9.https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13294

Wafiah, A., Wakkang, H., & Arwandi, A. (2022). VIRTUAL REALITY PORTAL RUMAH BERBASIS ANDROID. Jurnal Sintaks Logika, 2(1), 242-247. https://doi.org/10.31850/jsilog.v2i1.1135

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Putri Andhini, Maya Dewi Kurnia, Jaja, J., & Cahyo Hasanudin. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(3), 01–08. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.644

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.