PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD PERMATA TEGAL ALUR
DOI:
https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.789Keywords:
Kata Kunci: media pembelajaran, powerpoint interaktif, video pembelajaranAbstract
Hasil pengamatan menunjukkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kurang baik. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dalam Pelajaran IPA menggunakan Video pembelajaran di SD Permata. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Kelas V semester I tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel 25 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki – laki .Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post test dalam bentuk tes tertulis. Setelah guru memperbaiki pembelajaran melalui penggunaan Video Pembelajaran, hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan siklus 1 dan siklus 2. Hasil ini ditunjukkan dari penilaian rata - rata para ahli sebesar 90,97% apabila dideskripsikan termasuk kategori sangat baik dan hasil penilaian rata - rata dari uji coba one to one sebesar 92% apabila dideskripsikan termasuk kategori sangat baik.
References
I.G.A, K Wardani. Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP); Tangerang selatan : Universitas Terbuka, 2019. hal 139Penulis. “Judul Artikel” in Judul Buku, edisi, volume. Nama Editors, Ed. Lokasi Penerbit: Penerbit, tahun, halaman.
Mansyur, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka,1991
Nasution. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara
Sapriati, Amalia. Pembelajaran IPA di SD, Jakarta:Universitas Terbuka,2009
Sumiati & Asra, Metode Pembelajaran, Bandung : CV Wahana Prima,2007
Wardani I.G.A, dan Wihardit Kuswaya. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas
Dewanty, Rr. Natalia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau Untuk Kelas V SD Negeri Depok 1
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2016. Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Hisbullah dan Nuhayati Selvy. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah
Dasar. Makasar: Aksara Timur
M. Duncan. “Engineering Concepts on Ice. Internet: www.iceengg.edu/staff.html, Oct. 25, 2000 [Nov. 29, 2003].
Nasution, Leni Masnidar. 2017. “Statistik Deskriptif” dalam Jurnal Hikmah. 14.1. 49 - 55
Riduwan.2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Salma. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desai Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiawan, Achmad dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan RnD. Bandung: PT.
Alfabet.